Kompas TV nasional rumah pemilu

Sekjen PDIP Sentil PSI: Pencapresan Ganjar yang Memutuskan adalah Megawati

Kompas.tv - 7 Oktober 2022, 05:56 WIB
sekjen-pdip-sentil-psi-pencapresan-ganjar-yang-memutuskan-adalah-megawati
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Rabu (22/6/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

 


JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto buka suara terkait Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) di Pilpres 2024, mendatang.

Ia mengingatkan kepada PSI agar tak mengeluarkan keputusan yang malah merugikan PDIP. 

Baca Juga: Respons Ganjar Pranowo Diusung Jadi Capres oleh PSI

Sebab, keputusan untuk mencapreskan dari kader partai berlambang kepala banteng moncong putih itu berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

"Ibu Megawati melakukan kaderisasi partai dan ketika itu diumumkan, itu betul betul menjadi hasil perenungan bagi masa depan bangsa dan negara," kata Hasto dalam keterangan tertulis, Kamis (7/10/2022). 

Hasto menjelaskan, jawaban Ganjar adalah tetap menunggu keputusan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait pencapresan.

"Karena Pak Ganjar adalah kader partai sehingga keputusan terkait capres dan cawapres diserahkan sepenuhnya kepada Ibu Ketua Umum," ucap Hasto.

Ia menyebut, bagi PDIP capres itu harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. 

"Mencalonkan capres dan cawapres bukan untuk melakukan dansa elektoral, bukan juga untuk memperebutkan efek ekor jas. Namun juga dilakukan dengan penuh kesadaran terhadap masa depan."

"Oleh karenanya siapapun yang akan dicalonkan dipastikan mereka telah diberikan gembelengan sebagai calon pemimpin," ujarnya.

Sebelumnya, PSI mendeklarasikan Ganjar Pranowo yang merupakan kader PDIP sebagai Capres berpasangan dengan Yenny Wahid di Pilpres 2024. 

Baca Juga: Semobil Dengan Jokowi, Ganjar Diisukan Dapat Restu dari Megawati?

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, menyebut terpilihnya nama Ganjar merupakan hasil forum Rembuk Rakyat yang sudah diselenggarakan sejak akhir Februari 2022.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x