Kompas TV entertainment selebriti

KPI Sebut Penghargaan Gorgeous Dad Rizky Billar Bisa Dicabut, Imbau Panitia Lakukan Evaluasi

Kompas.tv - 6 Oktober 2022, 15:40 WIB
kpi-sebut-penghargaan-gorgeous-dad-rizky-billar-bisa-dicabut-imbau-panitia-lakukan-evaluasi
Rizky Billar resmi dipecat sebagai salah satu pembawa acara ajang dangdut di Indosiar. (Sumber: Instagram/RizkyBillar)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengimbau panitia pelaksana Infotainment Awards 2022 untuk mengevaluasi penghargaan “Gorgeous Dad” kepada Rizky Billar.

Sebelumnya, Rizky Billar dinobatkan sebagai “Gorgeous Dad” di ajang Infotainment Awards 2022, sehari setelah Lesti Kejora melaporkannya terkait dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Komisioner KPI, Nuning Rodiyah, mengatakan bahwa panitia pelaksana ajang penghargaan tersebut berhak untuk melakukan evaluasi penghargaan yang diberikan kepada Rizky Billar.

Baca Juga: Rizky Billar Diberhentikan sebagai Host DA5, KPI: Tutup Ruang bagi Pelaku KDRT

“Menurut perspektif saya secara pribadi kalau kemudian seseorang yang sudah dilabeli satu anugerah atau awarding atau penghargaan, panitia berhak dong mengevaluasi jika di waktu yang akan datang ditemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan ditetapkan oleh panitia,” ujar Nuning saat dihubungi Kompas.com, Kamis (6/10/2022).

Nuning menjelaskan bahwa ada kriteria tertentu untuk menentukan seseorang dinobatkan sebagai “Gorgeous Dad”. Akan tetapi, Nuning mengaku tak tahu persis kriteria tersebut.


 

Namun, dia memahami jika penghargaan ini menggunakan sistem vote untuk menentukan pemenangnya. Dia juga memahami bahwa vote dilakukan jauh-jauh hari sebelum adanya laporan KDRT Rizky Billar.

Soal itu, dia meminta panitia untuk menjelaskannya di hadapan publik.

Akan tetapi, Nuning meminta pihak panitia untuk melakukan evaluasi. Jika ada kriteria yang tidak sesuai, maka penobatan Rizky Billar sebagai “Gorgeous Dad” bisa dicabut.

“Taruhlah (kriteria) 'Gorgeous Dad' adalah laki-laki, bapak rumah tangga yang tidak melakukan KDRT itu kan bagian dari kriteria. Ketika itu menyalahkan kriteria boleh bisa jadi penghargaan dicabut atau dievaluasi,” tutur Nuning.

Baca Juga: Rizky Billar Mangkir dari Pemeriksaan Dugaan KDRT ke Lesti Kejora, Kuasa Hukum: Terganggu Psikisnya

Sebagai informasi, Rizky Billar dilaporkan oleh istrinya, Lesti Kejora ke Polres Metro Jakarta Selatan terkait dugaan KDRT, Rabu (28/9/2022).

Rizky Billar absen di pemeriksaan yang sedianya dilakukan hari ini. 



Sumber : Kompas,com


BERITA LAINNYA



Close Ads x