Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Profil Pandu Sjahrir, Keponakan Luhut yang Ingin Pasok 2 Juta Motor Listrik di RI, Siapa Dia?

Kompas.tv - 6 Oktober 2022, 14:51 WIB
profil-pandu-sjahrir-keponakan-luhut-yang-ingin-pasok-2-juta-motor-listrik-di-ri-siapa-dia
Pandu Sjahrir berada di antara Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Elon Musk, dalam pertemuan di Amerika Serikat April lalu. (Sumber: Instagram @pandusjahrir)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah kini sedang mempersiapkan peralihan kendaraan berbasis bahan bakar fosil ke bahan bakar listrik. Ditargetkan, seluruh kendaraan bermotor yang beroperasi di Indonesia nantinya berupa kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). 

Hal ini tentunya menjadi peluang bisnis yang menggiurkan karena jumlah penduduk Indonesia yang besar, menjadi jaminan akan tingginya permintaan kendaraan listrik di masa depan.

Saat ini, para pemain di sektor kendaraan listrik sudah mulai bermunculan dan ternyata mereka dekat dengan lingkaran kekuasaan.

Seperti Alva yang memproduksi motor listrik, merupakan anak usaha dari Indika Energy Group. Bos Indika adalah Arsjad Rasjid yang juga Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

Kemudian Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang terafiliasi dengan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) yang membuat bus listrik dan motor listrik.

Mantan Panglima TNI ini juga merupakan Ketua Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo).

Kemudian ada Pandu Sjahrir yang merupakan CEO Electrum, perusahaan patungan antara  PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) dengan GOTO (Gojek-Tokopedia), yang akan memasok motor listrik untuk armada GO-JEK dan juga untuk dijual secara komersial.

Electrum di bawah kepemimpinan Pandu Sjahrir menargetkan bisa membuat 2 juta motor listrik untuk pasar Indonesia. 

Baca Juga: Kerugian Mobil Listrik Dibanding dengan Mobil BBM, dari Harga hingga Jangkauan, Begini Hitungannya

Pandu Sjahrir adalah keponakan dari Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Pandu merupakan anak pasangan Nurmala Kartini Sjahrir (adik Luhut) dengan ekonom Sjahrir.

Pandu terlihat bersama Luhut saat menemui Elon Musk di Amerika Serikat beberapa waktu lalu, serta saat Luhut membuka perdagangan di bursa saham New York. 

Pandu Sjahrir lahir di Boston pada tanggal 17 Mei 1979.

Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala Energi Kadin Indonesia, Direktur PT Toba Bara Sejahtra Tbk (perusahaan yang didirikan Luhut), Komisaris Utama SEA Group Indonesia (induk Shopee), dan Komisaris PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek). 

Saat ini Pandu menjabat sebagai Komisaris Independen PT Elang Mahkota Teknologi (sejak 12 Agustus 2020), Kepala Badan Pengembangan Keuangan Digital KADIN (sejak 2021), Wakil Direktur Utama PT TBS Energi Utama Tbk (sejak 2021), Komisaris PT Bursa Efek Indonesia (BEI) (sejak 2020), Managing Partner Indies Capital Partners, dan CEO Electrum. 



Sumber : Kompas TV/Bloomberg

BERITA LAINNYA



Close Ads x