Kompas TV regional berita daerah

Pemko Solok dan Pemprov DKI Jakarta Jalin Kerjasama Pengembangan Potensi Daerah dan Pelayanan Publik

Kompas.tv - 6 Oktober 2022, 13:47 WIB
pemko-solok-dan-pemprov-dki-jakarta-jalin-kerjasama-pengembangan-potensi-daerah-dan-pelayanan-publik
Pemko Solok dan Pemprov DKI Jakarta Jalin Kerjasama Pengembangan Potensi Daerah dan Pelayanan Publik (Sumber: Dinas Kominfotik Sumbar)
Penulis : KompasTV Riau

Jakarta – Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menandatangani kesepakatan bersama antara Pemprov DKI Jakarta dan Pemko Solok tentang pengembangan potensi daerah dan pelayanan publik, di Balai Agung, Balaikota Jakarta, Rabu (5/10).

Penandatanganan kesepakatan itu bersamaan dengan kesepakatan Pemprov DKI dengan 10 pemerintah daerah mitra lainnya di Indonesia baik tingkat provinsi maupun kota/kabupaten, antara lain Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Maluku Utara, Walikota Malang, Walikota Bengkulu, Pj. Bupati Maluku Tengah. Bupati Tanah Datar, Bupati Solok, Bupati Kuningan, dan Bupati Jember.

Kerja sama terkait pengembangan potensi daerah tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan antar daerah. Adapun kerja sama pengembangan potensi daerah serta peningkatan pelayanan publik ini meliputi aspek teknologi dan informasi, ketahanan pangan, kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif, hingga pengembangan sumber daya manusia serta pengembangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam sambutannya usai penandatanganan menjelaskan bahwa kerja sama pengembangan potensi daerah serta peningkatan pelayanan publik ini memiliki ruang lingkup teknologi dan informasi, ketahanan pangan, kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif, pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan BUMD.

Menurut Anies, dunia saat ini sedang menghadapi potensi resesi, sehingga kegiatan kerja sama perekonomian antar wilayah harus ditingkatkan. Dia berharap perekonomian domestik bisa dirasakan antardaerah dalam kerja sama tersebut.

Selain itu, Anies menjelaskan bahwa Jakarta punya kebutuhan yang cukup tinggi terhadap kebutuhan pangan. Adanya kerja sama ini juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

“Kami di Jakarta, sudah disampaikan, kami memiliki demand yang tinggi atas berbagai produk yang ada dimulai dari pertanian sampai perindustrian,” kata dia.

“Dan dengan adanya kerja sama ini mudah-mudahan kegiatan transaksi itu bisa berjalan lebih efisien dan harapannya nanti memang kesejahteraan tumbuh merata di semua wilayah,” jelasnya.

Apalagi pasca pandemi, menurut Anies, perdagangan dengan luar negeri mengalami penurunan, sehingga perdagangan dalam negeri, antar daerah harus ditingkatkan. Anies juga berharap kerjasama antar daerah tidak hanya sesaat namun bisa berlangsung untuk jangka panjang.

Terakhir, Anies juga mohon pamit serta menyampaikan maaf kepada semua kepala daerah yang hadir karena minggu depan dirinya sudah purna tugas sebagai gubernur DKI.

Dalam acara Penandatangan kesepakatan bersama ini, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar turut didampingi Asisten Sekda Bidang Pemerintah dan Kesra, Nova Elfino, Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefrizal, dan Kepala Bappeda, Desmon.



Sumber : Kompas tv riau

BERITA LAINNYA



Close Ads x