Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jokowi: Ekonomi Kreatif Solusi Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Kompas.tv - 6 Oktober 2022, 10:49 WIB
jokowi-ekonomi-kreatif-solusi-tingkatkan-taraf-hidup-masyarakat
Presiden Joko Widodo saat membuka Konferensi Ketiga Ekonomi Kreatif Dunia, di Badung, Bali, Kamis (6/10/2022). (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Kompas TV/Dina Karina )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, ekonomi kreatif akan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan. Salah satunya terlihat dari daya tahan sektor tersebut saat pandemi. 

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka Konferensi Ketiga Ekonomi Kreatif Dunia, di Badung, Bali, Kamis (6/10/2022). 

"Saya percaya ekonomi kreatif di Indonesia dan banyak negara lainnya akan menjadi tulang punggung ekonomi di masa depan, semakin kuat dan diperhitungkan sebagai kekuatan ekonomi yang inklusif. Pengembangan ekonomi kreatif harus terus dipacu agar menjadi sektor yang futuristik, tumbuh lebih cepat, lebih besar, dan maju," kata Jokowi seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat Presiden. 

Yang terpenting, Jokowi menyebut,  ekonomi kreatif bisa memperbaiki kesejahteraan rakyat Indonesia. 

Baca Juga: Yasonna Sebut Lagu YouTube Bisa Jadi Jaminan Kredit Bank, Ini Respons BRI

"Ekonomi kreatif dapat menjadi solusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas dan berkelanjutan karena mampu mendobrak batas geografis, gender, ras, dan strata ekonomi. Ekonomi kreatif bisa menjadi pilar utama untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pertumbuhan ekonomi untuk semuanya," tuturnya. 

Jokowi mengatakan, pada saat dunia membatasi mobilitas fisik manusia karena pandemi COVID-19, mobilitas karya-karya ekonomi kreatif tetap lalu lalang bergerak tanpa menularkan COVID-19. 

"Sektor ekonomi kreatif relatif mampu bertahan di era pandemi dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya. Beberapa subsektor ekonomi kreatif seperti aplikasi dan pengembang permainan, televisi dan radio, bahkan tumbuh signifikan dipicu konsumsi konten yang meningkat signifikan selama pandemi," ujar Jokowi. 

Jokowi mencontohkan hampir semua keindahan, kenikmatan, dan kemudahan hidup adalah produk dari industri kreatif. 

Baca Juga: Jokowi Ingin Audit Stadion di Indonesia, Berikut Hal yang Harus Diubah Sesuai Regulasi FIFA & AFC

Seperti kota, pemukiman, rumah, dan interior yang indah adalah juga karya industri kreatif. Begitu juga dengan makanan, musik, dan seni pertunjukan yang eksotik juga karya industri kreatif. Serta berbagai kemudahan melalui aplikasi digital juga karya ekonomi kreatif.

Dengan bantuan teknologi, ekonomi kreatif dengan mudah melampaui batas-batas negara. 

"Industri kreatif tidak lagi menjadi produk lokal yang dikonsumsi masyarakat lokal, tetapi industri kreatif dengan mudah menjadi produk global yang mudah dinikmati oleh masyarakat lintas negara," ucap Jokowi. 

Di hadapan para peserta konferensi, Jokowi menyampaikan Indonesia akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif, mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global.

Baca Juga: Bos OJK: Resesi Bisa Saja Lebih Cepat Sebelum 2023, Tapi Belum Bisa Diukur Seberapa Berat

Ia juga berharap World Conference on Creative Economy (WCCE) Ketiga ini menghasilkan Bali Creative Economy Roadmap for Global Recovery untuk mengakselerasi proses pemulihan ekonomi nasional dan global yang inklusif dan berkelanjutan.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, the World Conference on Creative Economy yang ketiga pagi hari ini saya nyatakan resmi dibuka," kata Jokowi. 



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.