Kompas TV olahraga sepak bola

Tergusur dari Posisi Pertama Klasemen Sementara Grup B, Pelatih UEA Salahkan Rumput Stadion

Kompas.tv - 6 Oktober 2022, 10:01 WIB
tergusur-dari-posisi-pertama-klasemen-sementara-grup-b-pelatih-uea-salahkan-rumput-stadion
Timnas U17 Indonesia berhasil mengalahkan UEA dengan skor 3-2 di pertandingan Kualifikasi Piala Asia U17 2023, Rabu (5/10/2022). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas U17 Uni Emirat Arab (UEA) Alberto Gonzalez menyebut kualitas rumput lapangan Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, tidak merata.

Katanya, akibat rumput yang tidak merata itu, taktik yang digunakan UEA  tidak berjalan dengan baik apalagi ketika dalam keadaan basah.

"Kondisi lapangan yang dipakai dua pertandingan dalam satu hari, di tengah cuaca yang sering hujan, tentu tidak menguntungkan bagi tim yang bermain dengan penguasaan bola," ujar Alberto setelah pertandingan usai dikutip dari Antara, Rabu (5/10/2022).

Alberto mengatakan, UEA bisa saja bermain dengan umpan lambung langsung ke depan (direct) dengan kondisi lapangan yang demikian. Akan tetapi, mereka tidak melakukannya.

Baca Juga: Hasil Timnas U17 Indonesia vs UEA: Menang 3-2, Garuda Asia Terbang Tinggi

"Hal itu karena kami terus mencoba mengendalikan pertandingan dengan cara kami meski lapangan tak menguntungkan. Kami merekomendasikan kepada AFC agar memerhatikan kualitas rumput pada kompetisi-kompetisi berikutnya," tutur Alberto.

Bukan sekali Alberto Gonzalez menyinggung soal lapangan Stadion Pakansari. Sebelumnya, dia menyatakan hal serupa selepas menghadapi Palestina pada Senin (3/10).

Ketika itu, pertandingan sempat dihentikan sejenak karena hujan deras membuat lapangan tergenang. Akibatnya, bola tidak dapat bergulir dengan mulus.

Meski demikian, UEA kala itu mampu mengatasi situasi dan menang dengan skor 4-3.

Kekalahan timnya dari Indonesia dengan skor 3-2 membuat UEA turun ke peringkat kedua klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 karena kalah "head to head" dan selisih gol dari Indonesia (enam poin, dua pertandingan) yang berada di puncak.

Peringkat ketiga Grup B dihuni Malaysia dengan empat poin dari dua laga. Guam dan Palestina menghuni posisi keempat serta kelima grup tersebut.

Walau ada di urutan kedua, peluang UEA ke Piala Asia U-17 2023 masih terbuka asalkan mereka mampu menundukkan Malaysia pada laga terakhirnya, Jumat (7/10). Pada hari yang sama, Indonesia akan menjajal kekuatan Palestina.

Baca Juga: Sukses Tundukkan UEA, Arkhan Kaka Tegaskan Tugas Timnas U17 Indonesia Belum Berakhir



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x