Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Diusung Nasdem, Parameter Politik Sebut Peluang Ganjar Berlabuh ke Partai Lain Masih Terbuka

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 22:35 WIB
anies-diusung-nasdem-parameter-politik-sebut-peluang-ganjar-berlabuh-ke-partai-lain-masih-terbuka
Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno menilai Presiden Jokowi tidak sekadar mengingatkan saja, tetapi harus lebih tegas lagi mengganti menteri yang berbicara penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan jabatan presiden 3 periode di program Kompas Petang, KOMPAS TV, Rabu (6/4/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kemungkinan untuk Ganjar Pranowo maju dari partai lain masih sangat terbuka. Terlebih Joko Widodo beberapa kali sudah memberi sinyal dukungan ke Gubernur Jawa Tengah itu sebagai kandidat yang dijagokan di Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai, peluang untuk maju di Pilres 2024 dari partai lain sangat tergantung oleh Ganjar.

Menurutnya jika ada partai lain yang bisa meyakinkan Ganjar dapat memenangkan Pilpres 2024 maka kesempatan tersebut kemungkinan akan diambil.

Baca Juga: Nasdem Usung Anies Baswedan Jadi Capres, Masih Mungkinkah PDIP Berkoalisi dengan Nasdem di 2024?

Terlebih elite PDI Perjuangan lebih condong mencalonkan Ketua DPR Puan Maharani sebagai capres di Pemilu 2024.

"Kalau ada perahu yang bisa memungkinkan Ganjar dan itu solid untuk berkontestasi sangat mungkin untuk bisa keluar dari barisan PDIP," ujar Adi di program Kompas Petang KOMPAS TV, Rabu (5/10/2022).

Lebih lanjut Adi menilai PDIP memang masih menimbang betul siapa kader yang akan diusung dalam Pilpres 2024. 

Kecenderungan survei saat ini masih berpihak ke Ganjar, sementara elite di PDIP menginginkan putri Megawati, Puan Maharani, yang dicalonkan. 

Baca Juga: Anies Deklarasi Capres dengan Nasdem, Ganjar Semobil dengan Jokowi

Namun Adi mengingatkan saat ini Partai Nasdem sudah mendeklarasikan Anies Baswedan yang juga masuk dalam papan atas survei sebagai capres.

PDIP yang memiliki tiket mencalonkan capres sendiri harus mengusung kandidat kuat. Setidaknya nama-nama papan atas survei, semisal Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo.

"Akan menarik kompetisi di 2024 kalau yang menjadi pesaing Anies itu adalah mereka yang masuk dalam top three dalam survei," ujar Adi.

 


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x