Kompas TV video vod

PT Pos Indonesia Optimalkan Penyaluran BLT BBM Hingga ke Daerah 3T

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 20:56 WIB
Penulis : Adv Team

BATAM, KOMPAS.TV – PT Pos Indonesia (Persero) terus menyalurkan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) ke berbagai daerah di Indonesia, termasuk daerah dalam kategori tertinggal, terpencil, dan terdepan (3T).

Untuk menyalurkan bantuan dari pemerintah, PT Pos Indonesia mengerahkan para petugasnya mengunjungi rumah warga kategori keluarga penerima manfaat (KPM) atau melalui sistem door-to-door. Bantuan sebesar Rp500.000,- ini diserahkan kepada para KPM dengan rincian BLT BBM sebesar Rp300.000,- dan bantuan sosial (bansos) sembako senilai Rp200.000,-.

Baca Juga: Pos Indonesia Salurkan Bantuan Langsung Tunai Pengalihan Subsidi BBM di Pontianak

Namun, kondisi geografis dan topografis daerah 3T yang berada di daerah pengunungan maupun kepulauan di tengah perairan menjadi tantangan tersendiri bagi para petugas Pos Indonesia.

Salah satu daerah 3T yang didatangi petugas Pos Indonesia adalah kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Camat Belakang Padang Yudi Admadjianto mengatakan, sebanyak 2.900 KPM yang berada di enam kelurahan telah menerima bantuan yang didistribusikan Pos Indonesia.

Tidak hanya disalurkan secara langsung, bantuan tersebut juga disalurkan melalui komunitas di tingkat kelurahan. Dengan begitu, masyarakat tidak harus mengeluarkan biaya tambahan melintasi pulau untuk mengambil bantuan di kantor pos kecamatan.

Dino Ariyadi selaku Kepala Regional 1 untuk Wilayah Sumatra menyampaikan beberapa hal terkait penyaluran BLT di daerah 3T. Secara umum, pemerintah memberikan waktu 14 hari untuk mendistribusikan BLT BBM.

Baca Juga: Penerima BLT BBM Depok Apresiasi Bantuan yang disalurkan Pos Indonesia

PT Pos Indonesia (Persero) menggunakan waktu selama tiga hari untuk berkoordinasi dengan pihak pemerintah kota, kelurahan, dan kecamatan, sementara sisanya untuk proses penyaluran bantuan. Selain itu, PT Pos Indonesia (Persero) juga melakukan kerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos) dan aparat keamanan TNI serta Polri. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.