Kompas TV nasional hukum

Jaksa Janji Limpahkan Berkas Sambo cs ke Pengadilan Pekan Depan, Komjak: Respons Cepat Kejagung

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 20:40 WIB
jaksa-janji-limpahkan-berkas-sambo-cs-ke-pengadilan-pekan-depan-komjak-respons-cepat-kejagung
Ketua Komisi Kejaksaan Barita Simanjuntak dalam program Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Rabu (5/10/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Akun Youtube Kompas Tv)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Para tersangka dan barang bukti pembunuhan terencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) serta kasus obstruction of justice telah selesai dilimpahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung), Rabu (5/10/2022).

Kejagung mengaku akan menyerahkan berkas dua perkara kasus pembunuhan Brigadir J tersebut ke pengadilan pada pekan depan. Menurut rencana, berkas perkara diserahkan pada Senin (9/10).

Terkait hal ini, Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak) Barita Simanjuntak menilai itu merupakan respons cepat Kejagung dalam menangani kasus tersebut.

"Kita lihat itu sebagai respons cepat, Rabu diterima tahap II, Senin sudah dilimpahkan ke pengadilan," kata Barita dalam Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Rabu (5/10). 

"Artinya jaksa bekerja keras, profesional, dan itu menjadi satu bukti yang bisa kita lihat harapan atas peradilan yang cepat, sederhana, ringan, ditingkat penuntutan yang sekarang berjalan. " 

Dalam kesempatan itu, dia juga menuturkan terkait alasan para tersangka ditampilkan di depan publik seusai pelimpahan tahap dua di Kejagung.

Menurutnya, ditampilkannya tersangka pada saat tahap dua merupakan hal yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Tentu siapa tersangkanya publik harus melihat, ada dalam prinsip-prinsip yang diatur di KUHP," tegas dia. 

"Jadi jelas lima tersangka ini diperlihatkan sehingga tidak ada kesalahan orang."

Baca Juga: Ferdy Sambo Minta Maaf ke Orang Tua Brigadir J, Pakar Mikro Ekspresi: Dia Tidak Merasa Takut



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x