Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Semua Harus Waspada, Menteri Bahlil Beri Peringatan Ini terkait Ekonomi Global: Makin Gelap

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 14:00 WIB
semua-harus-waspada-menteri-bahlil-beri-peringatan-ini-terkait-ekonomi-global-makin-gelap
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Ia memberikan peringatan agar setiap orang waspada terkait kondisi ekonomi global saat ini. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meminta kepada semua pihak tetap waspada dengan kondisi ekonomi global yang disebutnya sudah semakin ‘gelap' saat ini.

Keadaan global yang mulai menggelap, sebenarnya diawali perang dagang antara Amerika Serikat dengan China pada 2018 lalu, disusul pandemi Covid-19 pada 2020.

Tahun ini, perekonomian dunia makin memburuk dengan adanya perang antara Rusia dan Ukraina, yang menyebabkan krisis energi dan pangan di sejumlah negara.

Bahkan baru-baru ini terdapat potensi ketegangan antara China dengan Taiwan yang sudah di depan mata di depan mata.

“Ini penting untuk saya sampaikan bahwa dunia tidak sedang dalam kondisi baik, dinamika global yang terjadi menyebabkan pertumbuhan ekonomi global melambat dan inflasi meningkat di berbagai negara,” jelas Bahlil dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/10/2022), dikutip dari Kontan.co.id.

Baca Juga: Hasil Survei SMRC: 46 Persen Publik Tak Menangkap Krisis Ekonomi Global Melanda

Sebagaimana diketahui, Bank Dunia, dalam laporannya 'Global Economic Prospects' per Juni 2022, bahkan telah merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi global menjadi 2,9 persen pada tahun 2022.

Angka itu lebih rendah dari proyeksi awal di Januari 2022 yang mencapai 4,1 persen.


 

Meski begitu, Bahlil mengatakan,  pertumbuhan ekonomi Indonesia masih menjadi yang paling baik dibandingkan negara-negara anggota G20 lainnya.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II tahun 2022 meningkat sebesar 5,44 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dan inflasi terjaga di bawah 5 persen.



Sumber : Kontan.co.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.