Kompas TV regional berita daerah

Pasangan Suami Istri Merawat ODGJ Secara Mandiri Selama 37 Tahun

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 10:04 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pasangan suami istri di Kabupaten Jember Jawa Timur rela merawat puluhan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ. Perawatan dilakukan dengan biaya mandiri hingga ODGJ sembuh dan bisa dipulangkan ke rumahnya.

Baca Juga: ODGJ Tewas Terjatuh dari Menara Masjid Setinggi 20 Meter

Adalah Sarifudin dan Fatimah, warga Desa Seputih Kecamatan Mayang Kabupaten Jember, yang peduli pada ODGJ atau orang dengan gangguan jiwa. Kini ada 65 ODGJ yang dirawat oleh pasangan suami istri itu di rumahnya.

Kegiatan tanpa pamrih itu dilakukan sejak tahun 1985. Awalnya mereka menampung ODGJ yang terlantar di jalanan. Hingga akhirnya, mereka memiliki sebuah yayasan yang tidak hanya menampung, namun juga memberikan pengobatan. Pengobatan diberikan secara medis dan spiritual. Sudah ada ratusan ODGJ yang dapat disembuhkan.

Meski tidak mendapatkan imbalan apapun, keduanya telaten merawat ODGJ. Mereka tetap tersenyum saat menghadapi ODGJ yang mengamuk.

Baca Juga: 4 ODGJ Dibebaskan Dari Pasung Lalu Dipindah Ke RSJ Lawang

Ketulusan mereka kini mendapat perhatian dari Dinas Sosial Kabupaten Jember. Pemerintah menerjunkan petugas untuk membantu memantau kesehatan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari ODGJ.

 

#PeduliODGJ #OrangGangguanJiwa #Sosial



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.