Kompas TV TALKSHOW b-talk

Pengaturan Subsidi Tepat Sasaran Demi Keadilan Negeri - BTALK

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 10:54 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Pemerintah telah memutuskan untuk mengalihkan sebagian subsidi dari bahan bakar minyak (BBM) untuk bantuan yang lebih tepat sasaran. Presiden Joko Widodo menyampaikan hal tersebut dalam keterangan pers bersama para menteri di Istana Merdeka pada 3 September lalu. Beberapa jenis BBM yang selama ini mendapatkan subsidi mengalami penyesuaian harga.

Sebulan berselang, pemerintah menambah kuota BBM jenis pertalite dan solar subsidi yang berlaku sejak 1 Oktober 2022 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun. Penambahan kuota pertalite sebanyak 6,86 juta kiloliter (KL) dari kuota awal 23,05 juta KL, sedangkan untuk BBM solar subsidi ditambah 2,73 juta KL dari kuota awal tahun 2022 sebanyak 15,1 juta KL.

Meski ada penambahan kuota BBM, namun pemerintah tetap memberikan sosialisasi penggunaan BBM subsidi tepat sasaran. Bagaimana sosialisasi ini akan dijalankan dan memastikan pengaturan subsidi BBM tepat sasaran? Bagaimana pula pemerintah menjaga daya beli masyarakat sehingga kenaikan harga BBM tidak menekan ekonomi mereka?

Saksikan program B-Talk bersama jurnalis KompasTV Mysister Tarigan dalam episode “Pengaturan Subsidi Tepat Sasaran Demi Keadilan Negeri” pada hari Selasa, 4 Oktober 2022 di KompasTV.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x