Kompas TV nasional politik

Respons Deklarasi Anies, Pengamat Sarankan PDIP Pilih Capres Populer: Ganjar Opsi yang Tepat

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 07:35 WIB
respons-deklarasi-anies-pengamat-sarankan-pdip-pilih-capres-populer-ganjar-opsi-yang-tepat
Kolase foto Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal dideklarasikan sebagai capres oleh kelompok bernama ANIS pada Rabu siang (20/10/2021). (Sumber: Tribun Timur)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - PDI Perjuangan disarankan mengusung calon presiden (capres) yang populer di masyarakat saat ini untuk pemilihan presiden atau Pilpres 2024

Demikian saran itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad.

Baca Juga: Dua Kader Partainya Mundur Usai Deklarasikan Anies Capres 2024, Waketum Nasdem: Ini Seleksi Alam

Saidiman mengatakan, saat ini ada tiga tokoh yang populer dan potensial sebagai capres pada Pilpres 2024 mendatang. Dari  tiga tokoh itu, dua di antaranya sudah dideklarasikan sebagai capres.

"Saat ini sudah ada tiga tokoh populer yang mencuat ke publik untuk menjadi kandidat Presiden 2024 mendatang dan sudah ada dua yang dideklarasikan sebagai Capres oleh partai," kata Saidiman dalam keterangan resminya di Jakarta yang dikutip pada Rabu (5/10/2022).

Dia membeberkan ketiga tokoh itu populer itu yakni Prabowo Subianto yang dicalonkan oleh Partai Gerindra dan Anies Baswedan dicalonkan oleh Partai Nasdem.

Baca Juga: Jokowi Ajak Ganjar Pranowo Semobil Saat Kunjungan Kerja di Batang, PDIP: Hal Biasa Saat Kunker

Sementara Ganjar Pranowo sebagai tokoh populer belum dicalonkan oleh partai manapun. Salah satunya Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Menurut Saidiman, PDIP harus mengambil sikap dalam merespons deklarasi capres tersebut. Dia berpendapat, PDIP perlu mengusung calon yang juga populer di masyarakat.

Adapun saat ini, kata Saidiman, tokoh yang populer untuk diusung sebagai capres adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.