Kompas TV video vod

Tragedi Kanjuruhan Jadi Catatan Kelam Sejarah Pertandingan Sepak Bola Dunia

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 00:07 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Tragedi sepak bola yang menewaskan 125 orang di Stadion Kanjuruhan, Malang meninggalkan duka yang teramat dalam.

Tak hanya bagi keluarga korban, tapi juga kita warga Indonesia.

Baca Juga: Pelatih Manchester City dan MU Beri Komentar Soal Tragedi Kanjuruhan

Sebuah tragedi yang menorehkan trauma bagi korban dan para pemain yang terlibat pertandingan karena menyaksikan menit-menit mencekam di depan mata.

Kritikan pun datang dari pelatih Arema FC Javier Roca. Kepada media spanyol Javier Roca yang saat itu berada di lokasi menjelaskan jika ada beberapa faktor yang menyebabkan tragedi kanjuruhan terjadi.

Pertama adalah kondisi stadion kanjuruhan yang tidak siap di saat terjadi kepanikan massa jumlah pintu keluar sangat terbatas.

Selain itu kondisi stadion yang sudah tua dan tidak memenuhi kapasitas dari banyaknya penonton. Serta adanya tindakan pengamanan yang berlebihan dari aparat.

Rivalitas persepakbolaan di Indonesia memang acap kali memakan korban. Kematian ratusan di Kanjuruhan menambah daftar kematian supporter bola.

Tragedi sepak bola stadion Kanjuruhan menjadi catatan sejarah kelam di pertandingan sepak bola dunia.

Bahkan tercatat sebagai tragedi mematikan ketiga di dunia. Ini jadi ironi di tengah pasukan garuda muda kita tengah melebarkan sayapnya.

Investigasi dan evaluasi dari segala lini sangat diperlukan sebagai bahan untuk berbenah bagi dunia persepakbolaan Indonesia. Karena sejatinya sepak bola adala hiburan bagi semua.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.