Kompas TV olahraga sports

Digelar di Megacity NEOM, Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Asian Winter Games 2029

Rabu, 5 Oktober 2022 | 03:05 WIB
digelar-di-megacity-neom-arab-saudi-jadi-tuan-rumah-asian-winter-games-2029
Arab Saudi menjadi tuan rumah Asian Winter Games 2029 dan akan digelar di Trojena, Megacity NEOM. (Sumber: Twitter @AbdulazizTF)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Arab Saudi terpilih menjadi tuan rumah Asian Winter Games pada tahun 2029 mendatang. 

Dilansir dari BeinSports.com, Selasa (4/10/2022), Asian Winter Games 2029 di Arab Saudi akan dilangsungkan di Megacity NEOM, sebuah proyek di gurun yang pembangunannya menghabiskan dana USD500 miliar. 

"Gurun dan pegunungan Arab Saudi akan segera menjadi taman bermain untuk olahraga musim dingin," kata Dewan Olimpiade Asia (OCA). 

Saudi terpilih sebagai tuan rumah Asian Winter Games 2029 usai "disetujui dengan suara bulat".

Megacity NEOM nantinya bakal menjadi kota pertama di Asia Barat yang menjadi tuan rumah ajang tersebut. 

Pertama kali diumumkan pada tahun 2017, NEOM menjadi proyek yang "diragukan" dengan berbagai teknologi yang akan dikembangkan seperti taksi terbang dan pelayan robot. Bahkan arsitek dan ekonom juga mempertanyakan kelayakannya.

Baca Juga: Sempat Dilarang di Olimpiade, Topi Renang untuk Rambut Afro Akhirnya Disetujui

Pada bulan Juli, Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengumumkan rencana untuk sebuah proyek di dalam NEOM yang dikenal sebagai The Line, yaitu dua gedung pencakar langit paralel yang terbungkus cermin yang membentang lebih dari 170 kilometer (105 mil) dari pegunungan dan medan gurun.

Dilansir dari situs web di proyek tersebut, Asian Winter Games dijadwalkan berlangsung di Trojena, daerah NEOM "di mana suhu musim dingin turun di bawah nol Celcius (32 Fahrenheit) dan suhu sepanjang tahun umumnya 10 derajat lebih dingin daripada wilayah lainnya".

Trojena yang direncanakan selesai pada 2026 akan mempunyai berbagai fasilitas seperti ski sepanjang tahun, danau air tawar buatan, chalet, mansion, dan hotel ultra-mewah. 

Arab Saudi sendiri mendapatkan kritikan ketika menjadi tuan rumah balapan F1 hingga pertandingan tinju dunia karena dianggap melakukan "sportwashing" serta mengalihkan perhatian dari catatan hak asasi manusianya.

Selain Asian Winter Games 2029, Arab Saudi bersama Mesir dan Yunani sedang dalam pembicaraan tentang proposal untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. 

Baca Juga: Wow! Arab Saudi Bakal Kian Tajir, Ditemukan Tambang Emas dan Bijih Tembaga di Madinah


Sumber : Bein Sports

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Gaya Hidup

Kenapa Kita Tak Boleh Berhenti Belajar?

Senin, 30 Januari 2023 | 15:00 WIB
Berita Daerah

Akses Jalan Terbatas, 4 Pekon Terisolir

Senin, 30 Januari 2023 | 14:38 WIB
Close Ads x