Kompas TV regional sosial

Sambut Ulang Tahun Kota Yogyakarta, Pelajar Ikuti Gelar Karnaval Serempak

Kompas.tv - 4 Oktober 2022, 20:48 WIB
sambut-ulang-tahun-kota-yogyakarta-pelajar-ikuti-gelar-karnaval-serempak
Karnaval SDN Kyai Mojo. Pelajar di Kota Yogyakarta mengikuti Gelar Karnaval Pelajar sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-266 Kota Jogja. (Sumber: Kompas TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Pelajar di Kota Yogyakarta mengikuti Gelar Karnaval Pelajar Kota Yogyakarta, sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-266 Kota Jogja.

Gelar karnaval tersebut berlangsung mulai 3 hingga 6 Oktober 2022, dan diikuti oleh para pelajar yang ada di Kota Yogyakarta secara serempak dan bergantian sesuai jadwal.

“Kegiatan Karnaval Pelajar ini dilaksanakan secara serempak dan bergantian sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta Budi Agus Santosa, dikutip dari keterangan tertulis Pemkot Yogyakarta, Selasa (4/10/2022).

Karnaval tersebut, lanjut Budi, tidak difokuskan di satu titik, melainkan di setiap sekolah masing-masing.

“Karnaval ini tidak terfokus pada titik tertentu, jadi di setiap sekolah akan menjadi tempat start dan finish hingga tanggal 6 Oktober 2022,” jelas Budi.

Baca Juga: Wow, 15 Pasangan Ikuti Nikah Bareng Gratis di Malioboro Yogyakarta, Ada Jejaka 83 Tahun!

Budi menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan motivasi kepada para pelajar untuk mempelajari kebudayaan yang ada di Indonesia.

Selain itu, dengan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pendidikan untuk para pelajar dengan mempelajari sejarah tentang Kota Yogyakarta.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, mengatakan bahwa pihaknya ingin agar ulang tahun Kota Yogyakarta menjadi agenda yang bisa dinikmati seluruh masyarakat. 

"Rangkaian acara ulang tahun Kota Yogyakarta merupakan gambaran kolaborasi aktivitas yang diikuti komponen masyarakat Kota Yogyakarta,” kata Aman Yuriadijaya, Senin (3/10/2022).

Dijelaskan, perayaan ulang tahun Kota Yogyakarta tahun 2022 ini mengusung tema Sulih Pulih Luwih, yang menggambarkan kondisi Kota Yogyakarta berhasil memulihkan diri, dan menjadi momentum kebangkitan pasca-pandemi. 

Baca Juga: Mengenal Garebeg Mulud, Perayaan Maulid Nabi Khas Keraton Yogyakarta

Tema itu diambil dari bahasa Jawa. Sulih artinya berganti, Pulih berarti sembuh, dan Luwih artinya lebih.

Harapannya Kota Yogyakarta bisa memulihkan diri sendiri, tapi tetap juga bisa produktif dan mendapatkan sesuatu yang lebih.  

Ulang tahun ke-266 Kota Yogyakarta kali ini, lanjut Aman, merupakan ulang tahun yang relatif spesial karena berada di ruang transisi antara pandemi Covid-19 menuju endemi.

Oleh sebab itu, semangat yang terbangun dari HUT ke-266 Kota Yogyakarta adalah untuk menunjukkan tekad bersama bangkit kembali menuju situasi normal seperti masa sebelum pandemi Covid-19.

“Itu terepresentasikan pada tema HUT Kota Yogyakarta tahun ini, Sulih Pulih Luwih.”

“Ini adalah momentum untuk menunjukkan tekad bersama menyongsong situasi kembali optimistis menghadapi pasca-pandemi Covid-19,” terang dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.