Kompas TV nasional peristiwa

Kejagung Pastikan Persidangan Ferdy Sambo Dilakukan Bulan Ini

Kompas.tv - 4 Oktober 2022, 17:30 WIB
kejagung-pastikan-persidangan-ferdy-sambo-dilakukan-bulan-ini
Ferdy Sambo dan 4 tersangka pembunuhan berencana Brigadir J (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kejaksaan Agung memastikan Ferdy Sambo akan duduk sebagai terdakwa dalam kasus pembunuhan terencana Brigadir J dan penghalangan penyidikan bulan ini.

Pasalnya, proses tahap II atau serah terima tersangka dan barang bukti untuk perkara tersebut sudah dilakukan hari ini.

Demikian Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana dalam keterangannya kepada Jurnalis KOMPAS TV, Dian Lestary Silitonga, Selasa (4/10/2022).

“Setelah dilimpahkan ke pengadilan, nanti majelis hakim menentukan kapan hari sidang dilaksanakan, biasanya sih satu minggu, juga yang jelas Oktober ini perkara sudah mulai digelar,” ucap Ketut.

Saat ini, Ketut menuturkan jaksa tengah menyusun surat dakwaan bagi para terdakwa dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J dan kasus penghalangan penyidikan.

Baca Juga: Eks Anggota Konsorsium 303 Buka Suara: Setoran Rutin Sampai Puluhan Miliar, kalau Tidak Ditangkap

Jaksa, lanjut Ketut, punya waktu dua minggu atau 14 hari untuk penyusunan surat dakwaan.

“Biasanya satu sampai dua minggu untuk penyusunan surat dakwaan, butuh sinkronisasi antara berkas yang satu dengan berkas yang lain keterangan tersangka satu dengan tersangka lain,” ujar Ketut.

“Karena pada saat Tahap 2 tersangka dilakukan pemeriksaan, dilakukan identifikasi terhadap identitas, verifikasi terhadap keterangan yang diberikan di berkas perkara itu, tentu nanti masuk dalam surat dakwaan makanya butuh waktu 1-2 minggu itu sudah bisa dilimpahkan ke pengadilan.”

Lantas Ketut dikonfirmasi bagaimana dengan penahanan para-tersangka dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J dan kasus penghalangan penyidikan.

Ketut menjelaskan, untuk penahanan para-tersangka akan dilihat dari sisi keamanan hingga kemudahan untuk menghadirkan pada saat persidangan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x