Kompas TV bisnis kebijakan

Harga Pertamax Turun Jadi Rp13.900 Per Liter dan Sesuai Harga Keekonomian, Pertalite Kapan Turun?

Kompas.tv - 4 Oktober 2022, 11:20 WIB
harga-pertamax-turun-jadi-rp13-900-per-liter-dan-sesuai-harga-keekonomian-pertalite-kapan-turun
Pertamina menurunkan harga Pertamax jadi Rp13.900 per liter, sedangkan harga Pertalite kewenangannya di pemerintah. . (Sumber: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/ss/aww)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, harga Pertamax saat ini yang sebesar Rp13.900 sudah sesuai dengan harga keekonomian. Sehingga tidak lagi disubsidi pemerintah.

"Sudah harga keekonomian," kata Irto kepada Kompas TV, Selasa (4/10/2022).

Seperti diketahui, Pertamina baru saja menurunkan harga Pertamax dari harga sebelumnya Rp14.500. Hal itu dilakukan seiring dengan penurunan harga minyak dunia. Sebelumnya pada bulan Juli lalu, sebelum harga Pertamax dinaikkan jadi Rp14.500, Pertamina menjual BBM RON 92 itu seharga Rp12.500 per liter.

Saat itu, Dirut Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, pemerintah memberikan subsidi yang sangat besar untuk menahan harga Pertalite dan Solar.

Baca Juga: Lengkap, Ini Harga BBM Terbaru Pertamina di Seluruh Wilayah Indonesia usai Pertamax Turun

Berdasarkan harga Indonesia Crude Price (ICP), harga keekonomian Pertalite dengan zero margin atau tanpa keuntungan mencapai Rp17.000 per liter. Pertamina menjualnya Rp6.450 per liter pada bulan Juli karena sudah disubsidi pemerintah.

Sementara harga keekonomian solar mencapai Rp18.000 per liter, namun setelah ada subsidi, harga Solar jadi Rp5.150 per liter.

Bahkan untuk Pertamax, harga keekonomian nya Rp17.950 per liter. Namun Pertamina menjual Rp12.500 per liter, sehingga ada selisih Rp5.450 setiap liter nya. 


 

“Sebetulnya pemerintah memberi subsidi besar sekali untuk setiap liter Pertalite yang dijual sampai Rp 9.550 per liter, solar lebih besar lagi,” ujar Nicke seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: BSU Tahap 4 Cair! Ini Cara Cek Penerima dan Link Pencairan untuk Pekerja Rekening Bank Swasta

Jika saat ini harga Pertamax sudah dijual berdasarkan harga pasar, bisa turun karena harga minyak juga turun, lantas bagaimana dengan Pertalite? Apakah harganya sekarang Rp10.000 per liter sudah sesuai dengan harga keekonomian? Apakah juga akan turun mengikuti harga minyak dunia?

"Kewenangan penentuan harga bbm subsidi ada di Pemerintah," jawab Irto.

Pertalite adalah BBM RON 90. Sebagai perbandingan, SPBU BP menjual BBM sejenis dengan harga Rp 14.050/liter. Lalu SPBU Vivo menjual Revvo 89 seharga Rp 11.600 per liter. Sedangkan Shell hanya menjual BBM dengan RON 92 ke atas.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.