Kompas TV nasional rumah pemilu

Dari Anies Baswedan sampai Ganjar, Ini Bakal Capres Terbaru dari Tiap Partai, Publik Punya Pilihan

Kompas.tv - 4 Oktober 2022, 07:06 WIB
dari-anies-baswedan-sampai-ganjar-ini-bakal-capres-terbaru-dari-tiap-partai-publik-punya-pilihan
Arsip foto Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Masing-masing dari ketiga sosok itu telah ditetapkan oleh partai sebagai bakal capres 2024. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah partai telah mengumumkan bakal calon presiden (capres) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Terbaru, ada Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang dideklarasikan sebagai bakal capres pada Senin (3/10/2022).

Anies Baswedan, yang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga 16 Oktober mendatang, diumumkan sebagai capres Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, pada Senin siang sekitar pukul 11.00 WIB.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Partai Nasdem, Surya Paloh.

"Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya adalah why not the best. Inilah mengapa akhirnya, Nasdem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan," kata Surya Paloh.

Sekitar enam jam kemudian, giliran partai nonparlemen, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sebagai capres, ditemani Yenny Wahid sebagai cawapres usulan mereka.

Pengumuman itu disampaikan oleh Grace Natalie, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI.

"Dari hasil Rembuk Rakyat, kami mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI di tahun 2024," kata Grace.

Baca Juga: Pakar Komunikasi Politik UGM: Deklarasi Bacapres Anies Tunjukkan Nasdem Dapat Dukungan Parpol Lain

Jauh sebelum penetapan kedua sosok di atas, partai lain juga sudah menetapkan bakal capresnya.

Sebagai contoh, Prabowo Subianto. Menteri Pertahanan RI tersebut ditetapkan sebagai bakal capres Partai Gerindra pada pertengahan Agustus 2022.

"Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab, saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai capres Republik Indonesia," ujar Prabowo, Jumat (12/8), di hadapan kader partainya.



Sumber : Kompas TV/Harian Kompas

BERITA LAINNYA



Close Ads x