Kompas TV nasional politik

Anggota Komisi III dan Komisi X DPR Segera Bentuk Pansus Tragedi Kanjuruhan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 01:05 WIB
anggota-komisi-iii-dan-komisi-x-dpr-segera-bentuk-pansus-tragedi-kanjuruhan
Polisi dan tentara berdiri di tengah kabut gas air mata dalam pertandingan Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). Kekacauan dalam pertandingan ini menewaskan 125 orang. (Sumber: Yudha Prabowo/Associated Press)
Penulis : Hariyanto Kurniawan | Editor : Redaksi Kompas TV

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Komisi III dan Komisi X DPR RI menggalang dukungan fraksi untuk pembentukan panitia khusus (pansus) untuk melakukan investigasi atas tragedi di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Anggota DPR RI yang telah menandatangani dukungan pembentukan pansus, antara lain Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PKB, Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi NasDem, dan Fraksi PKS.

“Hampir semua, tadi sudah delapan fraksi memberikan dukungan. Kebetulan hanya Fraksi PPP sedang ke luar negeri namun sudah menyetujui saat dihubungi melalui telepon," kata Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PKB Muhammad Khadafi dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (3/10/2022), dikutip dari Antara.

Pembentukan pansus ini, kata Khadafi, dapat membuat proses penuntasan kasus berjalan lebih cepat, masyarakat mendapatkan titik terang dari peristiwa tersebut, termasuk pembiayaan asuransi para korban kericuhan yang menyebabkan ratusan orang meninggal dunia.

Baca Juga: Polri Periksa Dirut PT LIB dan Ketua PSSI Jatim Buntut Tragedi Kanjuruhan yang Renggut 125 Nyawa

Khadafi menilai pemerintah harus segera menegakkan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan, khususnya terkait penyelenggaraan kejuaraan dan pendukung, dan menerbitkan aturan pelaksan dari turunan undang-undang tersebut.

“Kami minta PT Liga Indonesia Baru untuk segera memberikan kepastian jaminan asuransi terhadap hak-hak korban tragedi sepak bola Kanjuruhan Malang, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya, seperti dilaporkan Jurnalis KompasTV Asri Gunawan.


 

Sementara Anggota Komisi III DPR RI Heru Widodo juga berharap pembentukan pansus tersebut bisa mengawal proses investigasi kasus yang telah menyebabkan banyak korban tersebut.

Dia berharap Pimpinan DPR segera menindaklanjut pansus kerusuhan di Kanjuruhan. Pansus ini sangat penting agar masyarakat, terutama keluarga korban mendapatkan keadilan.

"Kami akan membawa tanda tangan dukungan ini kepada Pimpinan DPR RI untuk disahkan dalam Rapat Paripurna DPR. Kami berharap secepatnya Pansus Kanjuruhan dibentuk sehingga bisa bekerja cepat di lapangan," katanya, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Tunggu Hasil Investigasi Tragedi Kanjuruhan, PSSI: Seluruh Klub Sepakat Tunda Kompetisi

 


Sumber : Kompas TV/Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x