Kompas TV internasional kompas dunia

Media Dunia Soroti 33 Anak yang Tewas Sia-Sia di Tragedi Kanjuruhan, Murka Dunia di Ambang Pintu

Kompas.tv - 3 Oktober 2022, 21:15 WIB
media-dunia-soroti-33-anak-yang-tewas-sia-sia-di-tragedi-kanjuruhan-murka-dunia-di-ambang-pintu
33 anak-anak yang terjebak dalam kekacauan kehilangan nyawa mereka, kata seorang pejabat di kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Senin (3/10/2022). (Sumber: EPA-EFE)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Media arus utama dunia menyoroti tingginya korban tewas anak-anak dalam tragedi di stadion Kanjuruhan hari Sabtu (1/10/2022).

Tidak kurang media besar seperti kantor berita AFP, Reuters, Al Jazeera, Arab News, BBC dan Associated Press menyoroti tragedi memilukan di Malang, terutama tingginya jumlah korban jiwa anak-anak.

Tragedi memilukan yang terjadi pada Sabtu malam di kota Malang menyebabkan 125 orang tewas, 33 di antaranya anak-anak dan lebih dari 300 lainnya terluka setelah petugas menembakkan gas air mata di stadion yang penuh sesak, untuk memadamkan tindakan pendukung Arema yang masuk ke lapangan.

Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian PPPA Nahar seperti dikutip Antara mengatakan, "Tiga puluh tiga anak meninggal dunia (terdiri atas) delapan anak perempuan dan 25 anak laki-laki, dengan usia antara empat tahun sampai 17 tahun,"

Peristiwa itu disusul bentrokan dengan aparat lalu memicu penembakan gas air mata membabi buta ke arah tribun penonton dan jalan keluar.

Baca Juga: Cerita Seorang Ibu yang Kehilangan Anaknya Saat Tragedi Kanjuruhan, Sumarsih: Saya Cuma Bisa Nangis

Terekam dalam video, aparat TNI menendang salah satu sporter Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, usai laga Arema vs Persebaya pada Sabtu (1/10/2022). (Sumber: KOMPAS TV)

"Semua yang bertanggung jawab harus bertanggung jawab atas bencana ini, terlepas dari status atau posisi mereka," kata Phil Robertson, Wakil Direktur Asia untuk Human Rights Watch yang berbasis di New York, Senin (3/10/2022), seperti dilaporkan Straits Times.

"Tidak cukup bagi Polri dam PSSI melakukan penyelidikan sendiri karena mereka mungkin tergoda untuk mengecilkan atau melemahkan akuntabilitas penuh dari pejabat yang terlibat," tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Dr Bobi Prabowo, Direktur RS Kanjuruhan, seperti dilansir Straits Times mengatakan kepada wartawan bahwa mereka yang dibawa ke rumah sakit pada Sabtu malam sebagian besar menderita trauma, sesak napas, dan kekurangan oksigen.

"Ketika Anda berada dalam situasi kekurangan oksigen, karena gas air mata, dan Anda panik pada saat yang sama, hal berikutnya yang bisa terjadi adalah Anda pingsan," katanya.



Sumber : Kompas TV/Straits Times/BBC/AFP/Arab News

BERITA LAINNYA



Close Ads x