Kompas TV regional berita daerah

Bupati Gianyar Sampaikan Raperda APBD Gianyar Tahun 2023

Kompas.tv - 3 Oktober 2022, 13:34 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

GIANYAR, KOMPAS TV - Bupati Gianyar, Agus Mahayastra, menyampaikan rancangan APBD 2023 sebesar 2,485 triliun lebih, yang terdiri dari 1,278 triliun dari Pendapatan Asli Daerah, dan 1,206 triliun dari pendapatan transfer. PAD dalam rancangan APBD 2023 meningkat 38,26 persen dibandingkan tahun sebelumnya.  

Sementara belanja daerah dalam rancangan direncanakan sebesar 2,347 triliun, yang terdiri dari belanja operasi 1,812 triliun, belanja modal 360,510 miliar, dan belanja tak terduga 1 miliar, serta belanja transfer 173,547 miliar.

Dari rancangan APBD tersebut terdapat surplus anggaran sebesar 137,384 miliar  yang akan digunakan untuk pembentukan dana cadangan, penyertaan modal daerah, dan pembayaran cicilan pokok utang yang jatuh tempo.

Bupati Gianyar mengatakan optimis peningkatan PAD dapat tercapai seiring dengan membaiknya perekonomian di Kabupaten Gianyar, dengan peningkatan kunjungan wisatawan di Kabupaten Gianyar.

Rancangan APBD Kabupaten Gianyar tahun 2023 diserahkan kepada DPRD untuk dibahas pada rapat lanjutan. Ketua DPRD Gianyar berharap, bupati dapat memprioritaskan anggaran pada bidang kesehatan, pendididkan, serta bidang lainnya, sehingga APBD dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Bupati Gianyar berharap agar sinergi, dan sinkronisasi dalam pemahaman tentang pembangunan Gianyar antara eksekutif dan legislatif, dapat terjalin baik, sehingga program  yang direncanakan  dan dijalankan  mampu mewujudkan visi misi pembangunan Kabupaten Gianyar, menuju masyarakat gianyar yang lebih sejahtera.

 

 

 

 

#rapatparipurna  #DPRDgianyar  #bupatigianyar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x