Kompas TV entertainment selebriti

Baim Wong dan Paula Bakal Diperiksa Buntut Prank KDRT, Polisi: Mengarah Pidana

Kompas.tv - 3 Oktober 2022, 11:38 WIB
baim-wong-dan-paula-bakal-diperiksa-buntut-prank-kdrt-polisi-mengarah-pidana
Baim Wong dan Paula Verhoeven akan dipanggil polisi terkait konten prank KDRT (Sumber: Youtube)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Youtuber sekaligus pasangan suami istri, Baim Wong dan Paula Verhoeven bakal dipanggil pihak kepolisian buntut aksi prank berpura-pura membuat laporan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Kepala Seksi (Kasi) Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi mengatakan apa yang dilakukan Baim Wong dan Paula termasuk pada pelanggaran tindak pidana.

Terkait pemanggilan Baim dan Paula, Nurma mengatakan masih akan berkoordinasi dengan Kapolsek Kebayoran Lama.

"Iya (dipanggil), nanti kita koordinasikan lagi. Cuma itu mengarah pidana itu, karena dia sudah membuat pemalsuan laporan. Pasal 220," kata Nurma, Senin (3/10/2022) dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Baim-Paula Prank Polisi Pura-pura KDRT, Psikiater: Efek Konten Bagi Korban KDRT Bisa Takut Lapor

Adapun pasal 220 KUHP berbunyi: "Barangsiapa yang memberitahukan atau mengadukan bahwa ada terjadi sesuatu perbuatan yang dapat dihukum, sedang ia tahu, bahwa perbuatan itu sebenarnya tidak ada, dihukum penjara selama-lamanya satu tahun empat bulan."

Baim Wong Dikecam

Sejumlah kalangan dan netizen ramai-ramai mengecam konten prank KDRT Baim Wong dan Paula Verhoeven karena dinilai memberikan efek buruk.

Pasangan suami istri itu juga dituding tidak memiliki empati atas kasus KDRT yang baru-baru ini dialami penyanyi Lesti Kejora.


 

Bahkan Komisi Nasional (Komnas) Perempuan turut menyayangkan aksi Baim Paula yang memberikan contoh buruk kepada masyarakat.

"Membuat prank dengan isu KDRT untuk bahan tertawaan merupakan perbuatan bertentangan dengan nilai-nilai moral dan menjadi contoh buruk bagi publik. Terlebih, Baim Wong dan Paula merupakan pesohor yang dikenal publik luas," kata Komisioner Komnas Perempuan, Rainy Hutabarat.

Baca Juga: Baim Wong Ngaku Tak Baca Nasihat Ridwan Kamil, Sebut Tak Ingin Berpikiran Negatif

Sebelumnya, video prank KDRT itu tayang di kanal Youtube Baim Paula pada Minggu (2/10/2022) siang, namun kini telah dihapus. 

Dalam video itu, Paula berpura-pura membuat laporan kasus KDRT ke kantor Polsek Kebayoran Lama.

Adapun Baim duduk di dalam mobil sambil tertawa-tawa saat memantau aktivitas Paula yang terekam kamera. 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x