Kompas TV regional berita daerah

Deklarasi Duta Environmental Love, Gerakan Peduli Lingkungan

Kompas.tv - 3 Oktober 2022, 11:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Prihatin banyak bencana akibat kerusakan lingkungan oleh ulah manusia, ratusan Pramuka Penggalang, SMP Negeri 13 Kota Semarang, Jawa Tengah menggelar Deklarasi Duta Environmetal Love. Deklarasi ini bertujuan agar peserta didik dapat mengimplementasikan karakter peduli lingkungan melalui pramuka.

Selain membacakan ikrar deklarasi, secara simbolis dilakukan penyematan selempang kepada 10 duta lingkungan mewakili ratusan penggalang baik kelas 1 hingga kelas 3 SMP Negeri 13 Semarang.

Wakil Ketua Bidang Binamuda Kwarda Jawa Tengah, Hernowo Budi Luhur yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Semarang, turut menghadiri deklarasi ini. Hernowo memberikan motivasi kepada ratusan penggalang untuk cinta lingkungan yang bisa dimulai dengan gerakan penghijauan sekolah dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Pada Deklarasi Duta Environmetal Love juga ditampilkan minat dan bakat, ketrampilan, keahlian dan prestasi siswa yang dimiliki penggalang.

"Penggalang SMP Negeri 13 Kota Semarang ini, kita bergerak bersama untuk mewujudkan dasa dharma yang kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Untuk selanjutnya nanti kita menambah kepedulian terhadap lingkungan ini sehingga meningkatkan pemahaman lingkungan kepada peserta didik terutama di pramuka," ujar Sri Wasetyastuti, Kepala SMPN 13 Kota Semarang.

"Mengajak teman-teman untuk lebih rajin menjaga lingkungan supaya asri, enak dilihat, dan juga supaya guru-guru bangga memiliki murid seperti kami," ungkap Sara, duta lingkungan.

Selain mencintai lingkungan, Pramuka Penggalang SMP Negeri 13 Kota Semarang juga diajarkan pengolahan bahan makanan dan minuman dari rempah-rempah yang berkhasiat untuk kesehatan, seperti pembuatan minuman dari jahe, jamu dari beras kencur, dan aneka kuliner lainnya.

#pramukapenggalang #semarang #smpn13semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.