Kompas TV nasional peristiwa

Tanggapi Tragedi Kanjuruhan, Anggota Komisi X: Jangan Sampai Kontrak Jam Tayang Abaikan Keselamatan

Kompas.tv - 2 Oktober 2022, 18:48 WIB
tanggapi-tragedi-kanjuruhan-anggota-komisi-x-jangan-sampai-kontrak-jam-tayang-abaikan-keselamatan
Anggota Komisi X DPR RI Sodik Muhadjid (kiri) dan Ketua Paguyuban Suporter Timnas Indonesia Ignatius Indro (tengah) saat menyampaikan keterangan dalam siaran langsung Kompas TV, Minggu (2/10/2022). (Sumber: Kompas TV)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Komisi X bidang Olahraga, Pendidikan, dan Sejarah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sodik Muhadjid mengkritik penyelenggaraan pertandingan Arema vs Persebaya yang berujung tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022).

Per Minggu (2/10/2022) sore, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak melaporkan bahwa terdapat 131 korban meninggal dunia akibat tragedi Kanjuruhan. Ia meralat informasi sebelumnya yang menyebut 174 korban meninggal karena penghitungan ganda.

"Ini bukan lagi pelajaran, tetapi tamparan bagi PSSI, bagi komunitas dan manajemen sepak bola. Bisa jadi selama ini kita kurang serius melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap langkah-langkah pertandingan yang sering bermasalah,” kata Sodik dalam Breaking News Kompas TV, Minggu (2/10).

Anggota Komisi X itu menyorot sejumlah faktor yang diduga menyebabkan peristiwa nahas di Kanjuruhan terjadi. Di antaranya adalah manajemen serta penyelenggaraan pertandingan.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan Menewaskan 130 Orang, Mabes Polri Kirim Tim DVI untuk Bantu Evakuasi Korban

Secara khusus, Sodik menyorot jam tayang partai Arema vs Persebaya yang dianggap terlalu malam. Sodik mempertanyakan apakah jam tayang itu dipengaruhi kesepakatan dengan pemegang hak siar.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa pihak kepolisian meminta pertandingan Arema vs Persebaya digelar pada sore hari, tetapi keputusan finalnya adalah sepak mula partai itu tetap pada pukul 20.00 WIB.

 "Jadi lebih memprihatinkan jika perubahan jam tayang ini terkait dengan kontrak tayang. Jangan sampai kontrak tayang itu mengabaikan faktor-faktor yang lebih utama, yaitu faktor keselamatan. Bisa jadi salah satu faktor (tragedi Kanjuruhan) adalah jam pertandingan itu,” kata Sodik.

Baca Juga: Potret Ibu yang Kehilangan Putrinya dalam Tragedi Kanjuruhan, Sang Anak Pamit Mau Nonton Arema

Senada dengan Sodik, Ketua Paguyuban Suporter Timnas Indonesia Ignatius Indro juga mempertanyakan penetapan waktu sepak mula Arema vs Persebaya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.