Kompas TV nasional sosok

Perjalanan Letkol Mar Mardiono, Tentara Empat Zaman yang Ukir Prestasi dari Tamtama

Minggu, 2 Oktober 2022 | 05:05 WIB
perjalanan-letkol-mar-mardiono-tentara-empat-zaman-yang-ukir-prestasi-dari-tamtama
Perjalanan Letkol Mar Mardiono dari Tamtama, kini menjadi Perwira Menengah (Pamen). (Sumber: Dokumen Pribadi)

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Seksi Penerangan Pangkalan Korps Marinir Surabaya (Kasipen Lanmar Surabaya) Mayor Mar Mardiono naik pangkat lagi menjadi Letnan Kolonel Marinir (Letkol Mar). 

Pangkat baru Letkol Mar Mardiono diumumkan dalam Keputusan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa Nomor: Kep/898/IX/2022 tanggal Jumat (23/9/2022), diikuti dengan Telegram Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudho Margono Nomor: 653/ KAS / 0922 TWU 0928.1438.

Baca Juga: 13 Pamen dan Pati Polri Naik Pangkat Satu Tingkat, Ada Siapa Saja? Ini Daftar Lengkapnya

Serta, Surat Telegram Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto nomor ST/1709/2022 pada Jumat (30/9/2022).

Letkol Mar Mardiono beserta lima Perwira Pertama (Pama) dan enam Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lanmar Surabaya, melakukan serangkaian acara pelaporan kenaikan pangkat kepada Danlanmar Surabaya Kolonel Mar Idi Rizaldi.

Dimulai dari Tamtama

Perjalanan Letkol Mar Mardiono untuk sampai di pangkatnya saat ini terbilang unik. Pasalnya, tak banyak dari prajurit yang bisa mencapai posisinya saat ini dari Tamtama.

Letkol Mar Mardiono bahkan menjadi satu-satunya lulusan Dikcatam Korps Marinir TNI AL tahun 1983/1984 yang bisa menyandang pangkat Letkol (Pamen bermelati dua).

Tak heran, Letkol Mar Mardiono mendapatkan julukan sebagai Tentara Empat Zaman yang mampu melalui perjalanan sejak Tamtama, Bintara, Perwira Pertama, hingga Perwira Menengah.

Letkol Mar Mardiono memulai perjalanannya dari sekolah Bintara Reguler Angkatan 21 gelombang 2, pada tahun 1991/1992. Dia mendapatkan kenaikan pangkat dari Kopda langsung menjadi Serda.

Kemudian, pada tahun 2003/2004, Letkol Mar Mardiono yang berpangkat Serka naik pangkat lagi menjadi Perwira dengan pangkat Letnan Dua (Letda).

Tentunya dengan menjalani pendidikan calon perwira dengan nama Dikcapa Reguler Angkatan 33 yang dikenal sebagai Samdalas atau Samudera 12 yang mengantarkan dirinya memperoleh tingkatan pangkat yang menempel di pundaknya.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


VOD

Momen Presiden Jokowi Tinjau Posko Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 15:26 WIB
Close Ads x