Kompas TV nasional hukum

Pakar Forensik Emosi Ungkap Makna Pernyataan Putri soal Ikhlas dan Titip Pesan ke Anak-Anak

Kompas.tv - 1 Oktober 2022, 20:42 WIB
pakar-forensik-emosi-ungkap-makna-pernyataan-putri-soal-ikhlas-dan-titip-pesan-ke-anak-anak
Putri Candrawathi resmi menjadi tahanan Bareskrim Polri. Usai menjalani wajib lapor Putri keluar dari gedung Bareskrim Polri dengan mengenakan baju tahanan dengan nomor 077, Jumat (30/9/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar forensik emosi Handoko Gani menilai pesan tersangka Putri Candrawathi kepada anak-anak sebelum ditahan ditujukan untuk jangka panjang.

Menurut Handoko, Putri sudah memahami risiko yang akan diterima dan dampak terhadap anak-anaknya.

"PC sudah pasrah dan sudah memprediksi kemungkinan akan tidak bertemu dalam jangka panjang," ujar Handoko di program Kompas Petang KOMPAS TV, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: Pakai Baju Tahanan, Putri Candrawathi Menahan Tangis Saat Beri Pesan Untuk Anak-anaknya

Handoko menambahkan pesan Putri yang menyatakan tetap belajar yang baik, tetap menggapai cita-cita dan selalu berbuat yang terbaik adalah perkataan untuk masa depan.

Sedangkan pernyataan putri yang mengatakan ikhlas diperlakukan seperti ini bukan berarti menerima keadaan namun sudah benar-benar memahami status hukum yang dijalani. 

"Jadi dalam perkembangan saat ini, ada pengakuan dari suami, tensi beliau sudah mereda. Dan PC seperti sudah mengetahui oke saya mau begini, saya nanti akan begini, lebih jauh lebih yakin dari sebelumnya," ujar Handoko.

Handoko juga melihat Putri sudah bisa menerima keadaan dibanding sebelumnya saat pertama kali memunculkan diri ke publik kala menjeguk Ferdy Sambo yang ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

Baca Juga: Pakar Forensik Emosi Sebut Putri Candrawathi Lebih Realistis Hadapi Kasusnya, Ini Alasannya

Menurut Handoko setelah sekian lama menjalani proses pemeriksaan, juga mendengar yang terjadi di masyarakat dan hal-hal yang dialami oleh anak-anak keluarga Ferdy Sambo membuat Putri memberanikan diri untuk menerima keadaan. 

Ditambah lagi kemunculan dua pengacara baru dari mantan pegawai KPK meyakini Putri untuk lebih berani menjalani proses hukum.

"Yang menarik ada kalimat yang tidak lagi digunakan yaitu, saya setia. Kemudian saya dan anak-anak tulus mempercayai. Tidak menutup kemungkinan PC akan berbeda atau berseberangan dengan Pak FS," ujar Handoko.

Baca Juga: Pakai Baju Tahanan Bareskrim Polri, Putri Candrawathi: Saya Ikhlas Diperlakukan Seperti Ini

Sebelumnya Dittipidum Bareskrim Polri resmi menahan Putri Candrawathi, tersangka kelima kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Putri ditahan setelah menjalani wajib lapor dan evaluasi kesehatannya di Bareskrim Polri, Jumat (30/9/2022).

Putri ditahan di rutan Bareskrim Polri, sebelum nanti diserahkan ke jaksa penuntut umum Kejaksaan Agung. Rencananya proses tahap II atau pelimpahan barang bukti dan tersangka ini dilakukan pada Rabu (5/10/2022).


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.