Kompas TV regional peristiwa

Pria di Bogor Sedih dan Bingung Cari Kegiatan, Akhirnya Tanam Ganja di Rumah, Berakhir Ditangkap

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 15:28 WIB
pria-di-bogor-sedih-dan-bingung-cari-kegiatan-akhirnya-tanam-ganja-di-rumah-berakhir-ditangkap
Ilustrasi tanaman ganja. (Sumber: KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA)

Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

BOGOR, KOMPAS.TV - Pria di Bogor berinisial MF (54) sempat kebingungan karena tidak ada kegiatan untuk dilakukan. Rekannya SH (42) mengusulkannya untuk bercocok tanam dengan tanaman ganja di pekarangan rumahnya.

Mereka kemudian menanam biji ganja dalam polybag hingga tumbuh besar. Biji dari tanaman yang sudah membesar itu kemudian disemai lagi dalam kantong-kantong hitam.

Kepala Satuan Narkoba Kepolisian Resor Bogor AKP Muhammad Ilham menjelaskan kesedihan merupakan alasan pelaku untuk mencari-cari kegiatan.

"MF bercerita kalau dia selama ini mengalami kesedihan. Kemudian dikasih saran oleh SH dengan memberikan ganja untuk ditanam, dikonsumsi, supaya ada kegiatan biar tidak sedih lagi," kata Ilham dikutip dari Kompas.com, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: Puluhan Kilogram Ganja Dan Sabu Dimusnahkan

MF bercerita alasannya mengonsumsi ganja kepada polisi. Ia rupanya sedih karena tidak memiliki keluarga. Istrinya meninggal dunia dan anak-anaknya juga pergi meninggalkan dia.

"Ternyata semua ide ini muncul karena ajakan dari yang paling muda si SH untuk menanam ganja. SH pekerjaannya buruh," lanjutnya.


Kedua pria tersebut melakukan penanaman untuk mengonsumsinya tanpa harus membeli ganja kembali.

"Kami menangkap tanaman ganja berdasarkan kepemilikan bersama. Dan hasilnya pun sudah pernah dipakai sama mereka," ujarnya.

Baca Juga: BNN Musnahkan 7 Hektar Ladang Ganja di Aceh, Total Ada 36.000 Batang Pohon

Dari para pelaku, kepolisian mengamankan barang bukti 7 pohon ganja berukuran kecil hingga besar.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dikenakan Pasal 112 dan 114 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana minimal paling singkat atau minimal 5 tahun dan paling lama 20 tahun dengan denda minimal Rp1 miliar maksimal Rp10 miliar.


Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x