Kompas TV nasional peristiwa

Divpropam dan Dittipikor dapat Perintah Kapolri Telusuri Asal Uang Brigjen Hendra Naik Private Jet

Kompas.tv - 30 September 2022, 17:58 WIB
divpropam-dan-dittipikor-dapat-perintah-kapolri-telusuri-asal-uang-brigjen-hendra-naik-private-jet
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kapolri mengatakan masih melakukan pemeriksaan terkait dugaan penggunaan private jet oleh Brigjen Pol Hendra Kurniawan dan sejumlah perwira lainnya ke rumah keluarga Brigadir J di Jambi. (Sumber: Instagram)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya masih melakukan pemeriksaan terkait dugaan penggunaan private jet oleh Brigjen Pol Hendra Kurniawan dan sejumlah perwira lainnya ke rumah keluarga almarhum Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat di Jambi.

“Terkait dengan isu private jet, saat ini Propam sedang melakukan pemeriksaan bersama-sama Tipikor,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Jumat (30/9/2022) pada jumpa pers yang dipantau KOMPAS.TV secara daring.

Pemeriksaan tersebut, kata Kapolri, dilakukan terhadap Brigjen Hendra Kurniawan untuk mengetahui dari mana asal uang yang digunakannya untuk membayar sewa private jet.

“Jadi nanti akan kita telusuri apa dan dari mana asal uang untuk membayar private jet,” ucap Kapolri.

“Pemeriksaan-pemeriksaan saat ini sedang kita lakukan, terhadap PT penyelenggara dan PT yang melakukan penyewaan nanti akan kita ungkap.”

Baca Juga: Ternyata, Jet Pribadi T7-JAB Bukan Hanya Digunakan Anak Buah Ferdy Sambo tapi Juga Menterinya Jokowi

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Brigjen Pol Hendra Kurniawan diduga melakukan perjalanan ke Jambi dengan private jet untuk menyambangi keluarga Brigadir J atas perintah Ferdy Sambo pada 11 Juli 2022.


Kabar tersebut menjadi pembahasan di publik, pasalnya sempat diduga private jet yang ditumpangi Brigjen Hendra Kurniawan diduga milik bandar judi dan terkait konsorsium 303.

Tapi Koordinator MAKI Boyamin Saiman justru mengungkapkan bahwa private jet atau jet pribadi T7-JAB yang ditumpangi Brigjen Hendra Kurniawan entitasnya dimiliki oleh perusahaan tambang batu bara di Kalimantan.

“Kira-kira yang membeli lah, yang memiliki, yang memasokkan ke Indonesia, operatornya namanya PT AA,” ucap Boyamin.

Baca Juga: Soal Jet Pribadi yang Digunakan Brigjen Hendra ke Jambi, Alvin Lie: Datanya Ada di Kemenhub

Tak hanya itu, Boyamin menuturkan, sesungguhnya private jet yang diduga digunakan Brigjen Hendra juga pernah digunakan oleh Menterinya Jokowi.

“Saya punya foto dua tempat, satu di Aceh, satu di Purwokerto, dipakai menteri kabinet kita,” ungkap Boyamin Saiman, Rabu (22/9/2022).

Namun, lanjut Boyamin, saat ini jet pribadi T7-JAB sudah tidak ada di Indonesia dan berada di Eropa.

“Sudah di Eropa hari-hari ini, sudah semakin menjauh dari Indonesia, sudah bergeser ke Thailand, Thailand terus Dubai, Dubai baru Eropa, jadi nampaknya hari-hari ini sudah di Eropa, dijauhkan dari Indonesia, kira-kira begitu,” kata Boyamin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.