Kompas TV nasional peristiwa

Kapolri: Pelimpahan Tahap II Kasus Ferdy Sambo Cs Dilakukan Senin atau Rabu Pekan Depan

Kompas.tv - 30 September 2022, 15:47 WIB
kapolri-pelimpahan-tahap-ii-kasus-ferdy-sambo-cs-dilakukan-senin-atau-rabu-pekan-depan
Ferdy Sambo dan empat tersangka lainnya dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pihaknya akan melakukan pelimpahan Tahap II kasus Ferdy Sambo dan empat tersangka lainnya dalam perkara pembunuhan berencana Brigadir J dan menghalangi penyidikan, pada Senin, 3 Oktober 2022 atau Rabu, 5 Oktober 2022.

Hal tersebut dilakukan menyusul berkas Ferdy Sambo Cs yang sudah dinyatakan lengkap atau P21 oleh jaksa. Kasus ini pun diharapkan dapat segera disidangkan.

“Kami akan mempersiapkan kelengkapan terkait dengan tersangka dan barang bukti untuk kita serahkan kepada Kejaksaan yang akan kita laksanakan antara hari Senin ataupun hari Rabu,” ucap Kapolri, Jumat (30/9/2022).

Kapolri lebih lanjut menuturkan, untuk mempermudah proses Tahap II ke Kejaksaan Agung, pihaknya juga telah menahan Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo.

Baca Juga: Breaking News! Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi Akhirnya Ditahan di Rutan Mabes Polri


“Untuk mempersiapkan mempermudah proses penyerahan berkas Tahap 2 hari ini saudara PC (Putri Candrawathi) kita nyatakan, kita putuskan untuk ditahan di Rutan Mabes Polri,” ucap Kapolri Jenderal Sigit.

“Jadi ini juga untuk menjawab beberapa pertanyaan yang selama ini menanyakan bagaimana kelanjutan dengan posisi saudara PC.”

Menurut Kapolri, keputusan melakukan penahanan terhadap Putri Candrawathi dilakukan sesuai hasil pemeriksaan kesehatan terhadap istri Ferdy Sambo tersebut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kondisi jasmani dan psikologi Putri dinyatakan baik dan memungkinkan untuk ditahan.

“Hari ini juga kami telah melaksanakan pemeriksaan terkait dengan kondisi kesehatan, baik kondisi jasmani dan juga melakukan pemeriksaan psikologi,” ucap Kapolri.

“Baru saja kami mendapatkan laporan bahwa terkait dengan kondisi jasmani dan psikologi dari saudara PC saat ini dalam keadaan baik.”

Dalam keterangannya, Kapolri kemudian menyampaikan terima kasih kepada Kejaksaan Agung yang bekerja cepat dalam meneliti berkas perkara Ferdy Sambo Cs.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Minta Kejagung Bergerak Cepat Agar Ferdy Sambo Cs Segera Disidang

Tak hanya itu, Kapolri juga berterima kasih kepada penyidik Mabes Polri karena telah bekerja maraton untuk menangani berkas Ferdy Sambo Cs.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan yang terlibat khususnya dari tim Kejaksaan Agung dan para penyidik yang telah maraton kerja siang malam. Alhamdulillah hasilnya telah lengkap dan tentunya ini ditunggu-tunggu oleh masyarakat,” kata Kapolri.

“Dalam kesempatan ini tentunya kami juga mengucapkan terima kasih kepada mitra-mitra kami DPR, Kompolnas, Komnas HAM, rekan-rekan LSM, masyarakat dan seluruh pemerhati dan juga khususnya teman-teman media.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x