Kompas TV nasional agama

Arab Saudi Disebut Mulai Tidak Wajibkan Vaksin Meningitis untuk Umrah, Kemenag Bilang Begini

Kompas.tv - 30 September 2022, 15:50 WIB
arab-saudi-disebut-mulai-tidak-wajibkan-vaksin-meningitis-untuk-umrah-kemenag-bilang-begini
Ilustrasi Ka'bah di Mekkah, Arab Saudi. Ada kelonggaran dan mulai tidak wajib penggunaan vaksin meningitis untuk umrah Sumber: (AP Photo/Amr Nabil)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Arab Saudi disebut mulai tidak mewajibkan adanya vaksin meningitis sebagai syarat untuk umrah. Meski begitu, secara resmi, belum ada keputusan dari otoritas Saudi secara tertulis terkait penghapusan vaksin meningitis itu. 

Hal itu diungkapkan Direktur Umrah dan Haji Khusus (UHK) Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nur Arifin. 

Arifin juga menyebutkan, pemerintah saat ini masih menanti soal kejelasan vaksin meningitis ini dan bersiap jika nanti benar-benar ada aturan baru secara tertulis. 

Apalagi, kata dia, pihaknya sudah bertemu dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Berkaitan dengan ada informasi bahwa Saudi sudah tidak mewajibkan vaksin meningitis untuk jemaah umrah, kami sedang koordinasi dengan KJRI Jeddah untuk memperoleh dokumen yang berkekuatan hukum bahwa vaksin meningitis sudah tidak diperlukan," paparnya saat dihubungi KOMPAS.TV, Jumat (30/9/2022)

Baca Juga: Vaksin Meningitis Langka, Wapres Ma’ruf Angkat Bicara: Jangan Sampai Umrah Terkendala

Baca Juga: Kemenkes Sebut Vaksin Meningitis untuk Umrah Tidak Dihapus: Itu Aturan dari Saudi

Arab Saudi Mulai Longgarkan Vaksin Meningitis

Dalam dokumen notulensi hasil rapat antara Kementerian Agama (Kemenag), Kemenkes, dan Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah yang dikirimkan oleh Kemenag pada hari ini, Jumat (30/2022), disebutkan bahwa secara teknis di lapangan, Arab Saudi tidak lagi mewajibkan vaksin meningitis. 

Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono, misalnya, menjelaskan bahwa secara regulasi, Arab Saudi masih mewajibkan penggunaan vaksin meningitis.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi juga masih merekomendasikan jemaah umrah menggunakan vaksin meningitis. Namun, hasil pemantauan pihaknya di lapangan berbeda. 

"Hasil pemantauan di bandara kedatangan tidak ada petugas Arab Saudi yang memeriksa ICV (International Certificate of Vaccination) meningitis secara khusus baik untuk jemaah haji, jemaah umrah, pengunjung lainnya," paparnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x