Kompas TV internasional kompas dunia

Uni Eropa Kalang Kabut Atasi Harga Energi, Tagihan Listrik Pembuat Roti Belgia 176 Juta per Bulan

Kompas.tv - 30 September 2022, 05:31 WIB
uni-eropa-kalang-kabut-atasi-harga-energi-tagihan-listrik-pembuat-roti-belgia-176-juta-per-bulan
Uang kertas euro tergeletak di atas meja di Munich, Jerman. Uni Eropa kalang kabut menurunkan harga energi yang saat ini meroket, ditambah musim dingin mendekat, belum lagi "sabotase" jaringan pipa gas dari Rusia minggu ini. (Sumber: AP Photo/Matthias Schrader)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

BRUSSELS, KOMPAS.TV - Uni Eropa hari Jumat, (30/9/2022) akan mencari cara mendesak untuk menurunkan harga energi yang saat ini meroket, ditambah musim dingin mendekat, belum lagi "sabotase" jaringan pipa gas dari Rusia minggu ini yang menyuntikkan drama ke dalam upaya tersebut.

Seperti laporan Straits Times, Kamis, (29/9/2022), Menteri energi Uni Eropa akan berkumpul di Brussel untuk mempertimbangkan proposal darurat Komisi Eropa yang mencakup pemotongan penggunaan listrik di blok tersebut, memberlakukan retribusi rejeki nomplok pada perusahaan energi dan membahas batasan harga pada pasokan gas.

Eropa diambang malapetaka karena cadangan energi dan pengiriman bahan bakar fosil dari Rusia makin langka.

Sanksi Uni Eropa terhadap Moskow atas serangannya ke Ukraina, termasuk menghindari pembelian minyak Rusia mulai Desember, mendorong Kremlin untuk membalas dengan sangat mengurangi pasokan gas alam.

Kebocoran yang tidak dapat dijelaskan pada pipa gas Nord Stream 1 dan 2 bawah laut dari Rusia ke Jerman memperburuk situasi, dan dipandang sebagai "sabotase" oleh para pemimpin Uni Eropa, dengan kecurigaan jatuh ke Moskow.

Tagihan listrik setinggi langit

Alarm makin nyaring di antara orang Eropa yang dihadapkan dengan tagihan energi yang melonjak.

"Sama sekali tidak mungkin untuk membayar," kata Pascale Dumont, seorang pembuat roti di kota Belgia bernama Gedinne, seperti dikutip Straits Times, setelah tagihan listrik bulanan bisnisnya melonjak sepuluh kali lipat, menjadi 11.836 Euro per bulan (sekitar 176 juta rupiah).

Baca Juga: Uni Eropa Ingin Batasi Harga Gas Rusia, Minta Dana Solidaritas Perusahaan Energi

Pipa gas Nord Stream 1 di Lubmin, Jerman. Uni Eropa kalang kabut menurunkan harga energi yang saat ini meroket, ditambah musim dingin mendekat, belum lagi "sabotase" jaringan pipa gas dari Rusia minggu ini . (Sumber: Stefan Sauer/dpa via AP)

"Jika Anda mengerjakannya lebih dari setahun, itu sama dengan harga sebuah rumah!" serunya.

Business Europe, lobi Uni Eropa, memperingatkan "keadaan harga gas dan listrik yang tinggi saat ini menanggung risiko kerugian produksi dan penutupan ribuan perusahaan Eropa".

Negara Uni Eropa yang berada di garis depan krisis energi adalah Jerman, kekuatan ekspor blok yang lama bergantung pada gas Rusia.

Setelah mencatat lonjakan inflasi hingga 10 persen, pemerintahnya mengatakan akan meminjam €200 miliar untuk melindungi rumah tangga dan bisnis Jerman dari "perang energi".

Itu menambah berbagai inisiatif nasional di seluruh Uni Eropa dengan total ratusan miliar euro, tagihan besar yang menambah beban berat akibat pandemi Covid-19.

Komisi Eropa sedang mencoba untuk memanfaatkan kerja sama era Covid-19 untuk membentuk pendekatan umum Uni Eropa tentang energi.

"Eropa menghadapi pemerasan energi oleh Rusia, dan permintaan global untuk gas lebih tinggi daripada pasokan," kata komisaris energi Uni Eropa, Kadri Simson.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x