Kompas TV nasional rumah pemilu

Langkah Kaki Relawan Ganjar, dari Emak-Emak Militan hingga Santri-Abangan Bersatu Demi 2024

Kompas.tv - 29 September 2022, 17:05 WIB
langkah-kaki-relawan-ganjar-dari-emak-emak-militan-hingga-santri-abangan-bersatu-demi-2024
Sejumlah ulama di Provinsi Sumatera Barat mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 mendatang. (Sumber: ANTARA/HO-Relawan Ganjan)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Para relawan Ganjar Pranowo bergerak dan melakukan banyak deklarasi guna memuluskan langkah untuk jadi Presiden 2024.

Selain Dewan Kopral bikinan pendukung Ganjar dan sempat ramai beberapa waktu lantaran munculnya Dewan Kolonel yang lebih dulu dibuat sejumlah elite Fraksi PDI Perjuangan, ada banyak relawan lain yang bergerak di akar rumput. 

Mulai dari Ganjarist, Relawan Sahabat Ganjar, Dewan Kopral, Ganjar Pranowo Mania (GP Mania), Aliansi Santri untuk Ganjar Pranowo hingga Gerakan Emak-emak Militan dukung Ganjar yang deklarasi di sejumlah tempat.

Immanuel Ebennezer, pendiri Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) sendiri menyebutkan, gerakan relawan dan pendukung Ganjar ini membesar.

Dewan Kopral misalnya, sebagai salah satu basis pendukung Ganjar terus bergerak di akar rumput.

“Terus bergerak dan konsolidasi. GP Mania malah bukan orang, tapi sudah ada di banyak provinsi. Kalau provinsi dari data Jokowi Mania (Joman), 25 Provinsi. Banyak sekali orang yang minat di Dewan Kopral," tuturnya saat dihubungi KOMPAS.TV, Kamis (29/9/2022). 

Ia lantas menyebutkan, para pendukung Ganjar ini bergerak di banyak wilayah strategis sebagai langkah untuk menjemput para pendukung Ganjar Pranowo.

“Ada santri juga. Kami terbuka. Banyak sekali orang yang minat sebagai pendukung Ganjar,” sambungnya.

Baca Juga: Dari Korean hingga Tukung Cukur, Menilik Gerak Relawan Anies Baswedan untuk Capres 2024

Sejumlah deklarasi dukung Ganjar, emak-emak hingga santri

Deklarasi itu, misalnya, terjadi pada Sabtu (19/3/2022) diikuti oleh ratusan santri dari seluruh Jawa Tengah yang tergabung dalam Santri Dukung Ganjar wilayah Jawa Tengah.

"Ini deklarasi Santri Dukung Ganjar dan santri berbagi yang diikuti perwakilan santri se-Jawa Tengah dan pesertanya 100 lebih santri," ucap Koordinator Deklarasi Santri Dukung Ganjar wilayah Jawa Tengah, Gus Mukti Abdul Jabir dalam siaran pers baru-baru ini.

Selain santri, ada juga emak-emak yang turut deklarasi Ganjar di sejumlah tempat.

Misalnya, pada Sabtu (30/7/2022)  sejumlah emak-emak militan deklarasi Dukung Ganjar. Deklarasi ini rangkaian dari acara Relawan Sahabat Ganjar di Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung.



Sumber : Kompas TV/Antara/Kompas.com/Tribunnnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x