Kompas TV olahraga sepak bola

Desain Jersey Baru Timnas Denmark di Piala Dunia 2022 Kritik Qatar sebagai Penyelenggara

Kamis, 29 September 2022 | 04:45 WIB
desain-jersey-baru-timnas-denmark-di-piala-dunia-2022-kritik-qatar-sebagai-penyelenggara
Timnas Denmark merilis jersey baru untuk Piala Dunia 2022 yang mengandung kritik kepada Qatar sebagai negara tuan rumah. (Sumber: Associated Press)

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Denmark merilis jersey terbaru mereka untuk Piala Dunia 2022 Qatar yang digelar November-Desember mendatang. 

Dalam perilisan jersey baru Tim Dinamit ini, Hummel, selaku perusahaan apparel yang menjadi produsen kit Timnas Denmark mengatakan bahwa desain yang mereka luncurkan mengandung makna kritis terkait catatan hak asasi manusia di Qatar. 

Dalam sebuah unggahan di Instagram, Hummel mengatakan jersey ketiga Timnas Denmark berwarna hitam sebagai warna berkabung untuk menghormati para pekerja migran yang meninggal selama pekerjaan konstruksi untuk Piala Dunia 2022.

"Warna berkabung," kata Hummel di Instagram mereka, Rabu (28/9/2022) . 

“Meskipun kami mendukung tim nasional Denmark sepenuhnya, ini tidak boleh disamakan dengan dukungan untuk turnamen yang telah merenggut nyawa ribuan orang,” sambung perusahaan tersebut. 

Dilansir dari Associated Press, desain jersey baru Timnas Denmark itu menepati janji yang dibuat oleh Asosiasi Sepak Bola Denmark (DFB) November lalu untuk mengenakan pakaian dengan "pesan kritis" di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: Masuk Grup 'Neraka' pada Piala Dunia 2022, Kosta Rika Optimistis: Di Sepak Bola, Semua Bisa Terjadi

Meskipun aturan Piala Dunia FIFA melarang pernyataan politik tentang seragam tim, tiga desain jersey Denmark dengan warna serba merah, serba putih dan serba hitam tampaknya tidak mengandung kata-kata atau simbol yang merupakan pernyataan eksplisit. 

Selain itu, Hummel juga membuat warna logo mereka dan lambang Timnas Denmark seolah memudar dan menjadi satu warna yang sama dengan jersey. 

Mereka beralasan tidak ingin terlihat selama Piala Dunia karena tidak mau mendukung Qatar sebagai penyelenggara. 

Desain jersey baru Timnas Denmark untuk Piala Dunia 2022 Qatar. (Sumber: Twitter @hummel1923)


Sumber : Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kebakaran Pasar Masomba

Kamis, 1 Desember 2022 | 07:46 WIB
Close Ads x