Kompas TV nasional rumah pemilu

Relawan Optimis Ganjar Pranowo Bakal Diusung PDIP Jadi Capres: Bu Mega akan Rasional Ambil Keputusan

Rabu, 28 September 2022 | 21:43 WIB
relawan-optimis-ganjar-pranowo-bakal-diusung-pdip-jadi-capres-bu-mega-akan-rasional-ambil-keputusan
Relawan Ganjar Pranowo optimis Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri bakal mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) di pemilu 2024. (Sumber: Pemprov Jateng)

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Relawan Ganjar Pranowo optimistis Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri bakal mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) di pemilu 2024.

Ketua Relawan Ganjar Pranowo Mania, Immanuel Ebenezer meyakini dalam memutuskan sosok yang akan diusung sebagai Capres Megawati akan rasional dibanding emosional.

Di mana, Megawati dinilai akan mengutamakan tokoh dengan elektabilitas tinggi, seperti Ganjar Pranowo yang terbukti unggul dalam sejumlah survei, dibanding Puan, putri bungsunya yang hingga kini elektabilitasnya belum mengalami peningkatan serius.

"Saya yakin sekali bu Mega akan rasional dalam mengambil keputusan. Tidak mungkin mengambil pilihan-pilihan yang emosional atau memilih anaknya (Puan Maharani)," kata Immanuel dalam program Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Rabu (28/9/2022). 

"Saya yakin bahwa 2024 nanti pilihan terbaik yang akan diambil PDIP memilih mas Ganjar, itu pilihan yang rasional."

Immanuel juga mengatakan PDIP secara rasional harus mempertimbangkan kandidat dengan dampak elektoral yang tinggi. Sebab, tujuan partai dalam kontestasi politik adalah untuk meraih kemenangan.

"Harus dipahami, tujuan partai adalah mendapatkan kemenangan. Jadi tidak mungkin memilih pilihan yang kalah, itu hal yang tidak rasional," katanya. 

Hal tersebut yang kemudian membuat Immanuel semakin yakin Ganjar akan terpilih sebagai capres PDIP, lantaran Gubernur Jawa Tengah ini dinilai dapat meningkatkan elektoral PDIP.

Baca Juga: Giliran Sahabat Ganjar di Palembang Gelar Doa Bersama Jelang Pilpres 2024

"Ganjar selain elektabilitas, juga memiliki dampak elektoral, apalagi nanti di 2024 selain pemilihan presiden, legislatif dan kepala daerah, nah di 3 ini partai harus mencari kandidat yang memiliki elektoral, jawabannya cuma satu Mas Ganjar," jelasnya. 

"Apalagi kita lihat hasil kajian dari survei CSIS kelompok milenial yang 54 persen ini suka sekali isu-isu perubahan dan itu dilakukan Mas Ganjar."

Seperti diketahui, Ganjar Pranowo masih menjadi capres dengan elektabilitas tertinggi berdasarkan hasil survei di berbagai lembaga survei.

Terbaru, Survei yang diselenggarakan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan, Gubernur Jawa Tengah ini memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden di kalangan pemilih muda (17-39 tahun).

Berdasarkan simulasi 14 nama calon presiden, Ganjar tecatat memiliki elektabilitas sebesar 25,9 persen, mengungguli nama-nama besar lain seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan,

"25,9 persen saat survei dilakukan ketika simulasi 14 nama (memilih) Pak Ganjar Pranowo," kata Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes, Senin (26/9) seperti dikutip dari Kompas.com.

Tak hanya di simulasi 14 nama, Ganjar juga unggul dalam simulasi 7 nama dengan elektabilitas sebesar 26,9 persen. Dia berhasil mengungguli Prabowo dengan 20,1 persen, dan Anies di posisi ketiga dengan 19,9 persen.

Ganjar juga kembali duduk di possi teratas pada simulasi 3 nama, di mana ia memiliki elektabilitas sebesar 33,3 persen, mengungguli Prabowo (27,5 persen) dan Anies (25,7 persen).

Baca Juga: Penjelasan PDIP Soal Video Viral Puan Maharani Cemberut saat Bagikan Kaos ke Warga



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x