Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Sebut Peluang Anies Terbuka untuk Diusung Jadi Capres di Pilpres 2024

Kompas.tv - 28 September 2022, 20:57 WIB
demokrat-sebut-peluang-anies-terbuka-untuk-diusung-jadi-capres-di-pilpres-2024
Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru bicara (Jubir) DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menanggapi pernyataan Politikus Partai NasDem Zulfan Lindan ihwal deklarasi Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024 mendatang. 

Ia mengatakan, peluang Anies terbuka untuk diusung oleh NasDem, Demokrat dan PKS dalam pesta demokrasi nanti. 

Baca Juga: NasDem, Demokrat, dan PKS Agendakan Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024, 10 November 2022

"Bagaimana kami, dengan teman-teman Nasdem dan PKS, bisa semakin dekat dan semakin banyak mencapai kesepahaman. Kalau bicara mengenai rencana mengusung Anies sebagai capres, kemungkinan itu tentu terbuka," kata Herzaky dalam keterangan tertulis, Rabu (28/9/2022). 

Ia mengakui bila waktu deklarasi itu direncanakan pada 10 November 2022. Namun, itu belum sebuah keputusan, karena masih dibahas oleh Nasdem, PKS dan Demokrat. 

"Tanggal deklarasi, apakah tgl 10 November? Bisa saja, jika memang sebelumnya telah dicapai kesepakatan bersama dan sudah terbentuk koalisinya. Bisa juga lebih cepat, atau bahkan setelahnya," ujarnya. 


Sebelumnya, Partai NasDem bersama Partai Demokrat dan PKS akan mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Deklarasi itu direncanakan pada 10 November 2022.

“Kandidat capres yang akan diusung Partai NasDem itu ada 3 kan sejak awal, Pak Andika Perkasa, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Secara logika politik yang paling memungkin kan ya Anies Baswedan dan memang akan diumumkan,” ungkap politikus Partai NasDem Zulfan Lindan kepada wartawan, Selasa (27/9) kemarin.

“Jadi soal capres pokoknya sudah selesai, Anies Baswedan capres Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat, sudah 99 persen.”

Zulfan menuturkan, cawapres pasangan Anies Baswedan bisa saja diumumkan secara langsung atau bersamaan jika selesai dibahas.

Baca Juga: Nasdem-Demokrat Usung Anies Jadi Capres, PKS Tawarkan Aher, HNW hingga Syaikhu sebagai Cawapres

“Kan yang urgent itu capres duluan, tapi kalau dari sekarang sampai 10 November soal cawapres sudah selesai ya, ya (diumumkan -red) bareng-bareng, tapi kalau belum kan bisa dilanjutkan lagi,” kata Zulfan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x