Kompas TV nasional rumah pemilu

Hermawi Taslim: Partai NasDem Cenderung Calonkan Anies Baswedan di Pilpres, Meski Bukan Kepastian

Rabu, 28 September 2022 | 21:10 WIB
hermawi-taslim-partai-nasdem-cenderung-calonkan-anies-baswedan-di-pilpres-meski-bukan-kepastian
Wasekjen Partai NasDem Hermawi Taslim dalam program Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Rabu (28/9/2022). (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Kompas TV)

Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai NasDem masih belum bulat mendukung Anies Baswedan sebagai kandidat yang bakal diajukan sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

"Sampai hari ini kami terus mematangkan pembicaraan-pembicaraan dengan berbagai partai politik, karena NasDem tidak sendiri," kata Wakil Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim dalam program Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Rabu (28/9/20220.

Hermawi mengatakan NasDem masih bersikap sesuai rekomendasi rapat kerja nasional Juni lalu yakni dengan tiga nama bakal calon presiden, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Andika Perkasa. "Mereka di mata NasDem memiliki bobot yang sama."

Anies dan Ganjar Pranowo diakuinya paling 'nyaring' didukung dari kader NasDem. "Dan akhir-akhir ini nama Pak Anies sering disebut oleh kader-kader NasDem," kata dia.

Hermawi menjelaskan nama Anies lebih dijagokan lantaran Gubernur DKI Jakarta ini telah menyatakan kesediaan dicalonkan jika ada partai politik yang mengusung. "Antara lain, setelah Pak Anies mengatakan kesediaannya, itu sambutan dari bawah semakin ramai," kata dia.

Baca Juga: Waketum NasDem: Surya Paloh Belum Putuskan untuk Deklarasi Anies Jadi Capres pada 10 November

"Sementara pak Ganjar kan masih belum menyatakan kesediaannya secara terbuka. sedangkan Pak Andika tidak mungkin melakukan sekarang karena masih dalam proses dinas sebagai Panglima (TNI)."

Hermawi kembali menegaskan Ganjar, Anies, dan Andika masih memiliki peluang untuk diusung NasDem sebagai Capres.  "(Anies Capres NasDem) kecenderungan tapi belum kepastian," dia menegaskan.

Tahun ini Partai NasDem sudah bersiap mendeklarasikan satu nama sebagai calon presiden. Nama calon bergantung hasil pembicaraan dari partai koalisinya. 

Sebelumnya, politikus Partai NasDem Zulfan Lindan telah menyebutkan rencana tiga partai mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Deklarasi direncanakan pada 10 November 2022. Selain Partai Nasdem, dua partai lainnya adalah PKS dan Partai Demokrat.

"Secara logika politik yang paling memungkin kan ya Anies Baswedan dan memang akan diumumkan,” ungkap politikus Partai Nasdem Zulfan Lindan kepada KOMPAS TV, Selasa (27/9/2022). “Pokoknya sudah selesai, Anies Baswedan capres Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat, sudah 99 persen.”

Baca Juga: NasDem, Demokrat, dan PKS Agendakan Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024, 10 November 2022



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


VOD

Sosok Ferry Mursyidan di Mata Presiden Jokowi

Jumat, 2 Desember 2022 | 23:18 WIB
Close Ads x