Kompas TV nasional hukum

Komisi Kejaksaan Yakin JPU Kasus Sambo akan Profesional: Ukuran Kinerjanya adalah Dakwaan Terbukti

Kompas.tv - 28 September 2022, 19:03 WIB
komisi-kejaksaan-yakin-jpu-kasus-sambo-akan-profesional-ukuran-kinerjanya-adalah-dakwaan-terbukti
Jaksa yang akan menangani kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat, dengan tersangka Ferdy Sambo akan profesional (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

KOMPAS.TV – Ketua Komisi Kejaksaan Barita Simanjuntak mengatakan jaksa akan profesional menangani kasus dugaan pembunuhan terencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat, dengan tersangka Ferdy Sambo, mantan Kadiv Propam Polri.

Menurutnya, kasus semacam ini bukan hal yang baru terjadi, tetapi ada banyak kasus serupa yang bisa dibuktikan oleh para jaksa. “Ada banyak sekali kasus yang kurang lebih sama, bisa dibuktikan,” tutur Barita Simanjuntak dalam dialog Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Rabu (28/9/2022).

“Jadi, para jaksa ini sudah profesional untuk membuktikan, ketika dia menyatakan berkas perkaranya lengkap, membawa ke sidang, dia sudah punya keyakinan untuk membuktikan,” lanjut Barita.

Barita menambahkan, salah satu ukuran kinerja para jaksa adalah membuktikan sangkaan yang didakwakan pada para tersangka.

“Salah satu ukuran kinerja jaksa yang selalu diharapkan adalah dakwaannya terbukti. Jadi nanti ada fakta persidangan, itulah dasar untuk menentukan tuntutan pidana.”

Baca Juga: Dua Eks Pegawai KPK Bela FS dan PC, Anggota Komisi III: Semoga Pak Sambo Jadi Lebih Terbuka

Mengenai waktu dan lokasi sidang kasus itu, Barita mengatakan sampai berkas perkara lengkap atau P21 dan penyidik Polri menyerahkan tersangka dan barang bukti. P21 artinya syarat formal dan materiil sudah terpenuhi sehingga penanganan perkara beralih dari penyidik ke penuntut.


Setelah tersangka dan barang bukti diserahkan, jaksa melimpahkan ke pengadilan.

“Berdasarkan Pasal 139 Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana, melimpahkan itu ke pengadilan, di situlah yang disebut penuntutan.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x