Kompas TV olahraga sepak bola

Siap-Siap Bikin Rekor, Shin Tae-yong Pelatih Terlama Timnas Indonesia dalam 20 Tahun Terakhir

Kompas.tv - 28 September 2022, 18:21 WIB
siap-siap-bikin-rekor-shin-tae-yong-pelatih-terlama-timnas-indonesia-dalam-20-tahun-terakhir
Shin Tae-yong berpeluang menjadi salah satu pelatih terlama yang memimpin Timnas Indonesia. (Sumber: Instagram @afcasiancup)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tak bisa dipungkiri, kehadiran Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia mampu mengangkat permainan skuad Garuda ke arah yang lebih baik. 

Menukangi tiga kelompok umur sekaligus, Timnas U20, Timnas U23 dan Timnas Senior, Shin Tae-yong terbukti bisa menjalani pekerjaannya itu dengan baik, meski belum bisa mempersembahkan podium tertinggi. 

Namun masyarakat sepak bola Tanah Air tampaknya sudah mulai paham bahwa tidak ada prestasi yang bisa didapatkan dengan instan dan percaya bahwa di era juru taktik asal Korea Selatan itu, Timnas Indonesia pasti bisa berprestasi suatu saat nanti. 

Menandatangani kontrak empat tahun dengan PSSI pada Desember 2019, Shin Tae-yong mendapat hasil kurang bagus saat memimpin Timnas Indonesia di tiga pertandingan babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Tapi memang di saat itu, Timnas Indonesia sudah hancur lebur karena kalah di lima pertandingan awal. 

Shin Tae-yong yang tahu bahwa Timnas Indonesia butuh perubahan total memutuskan untuk memakai pemain muda saat tampil di Piala AFF 2022.

Dengan skuad yang mempunyai rataan usia 23,8 tahun, pelatih asal Korea Selatan itu mampu membawa Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan mencapai final sebelum kalah dari Thailand yang berhasil menjadi juara. 

Baca Juga: Timnas Indonesia 2 Kali Kalahkan Curacao, Rachmat Irianto: Berkat Shin Tae-yong

Sejak saat itu, pendukung tim nasional pun mulai menaruh kepercayaan kepada Shin Tae-yong. 

Sayangnya di SEA Games Vietnam, berbekal keberhasilan di Piala AFF 2022, Merah Putih gagal meraih emas dan harus puas dengan raihan medali perunggu. 

Pada Juni 2022 lalu, Shin Tae-yong kembali membuktikan racikannya dengan mampu membawa Indonesia lolos langsung ke Piala Asia 2023.

Tampil di babak kualifikasi, Timnas Indonesia mampu menempati peringkat kedua usai menang atas Kuwait (2-1) dan Nepal (7-0) serta kalah sekali dari Yordania (0-1) yang kemudian lolos sebagai salah satu runner-up terbaik. 

Akan tetapi, saat itu sempat muncul rencana dari PSSI agar Shin Tae-yong difokuskan untuk memimpin Timnas U20 saja yang dipersiapkan tampil di Piala Dunia U20 2023 di mana Indonesia yang akan menjadi tuan rumah. 

Namun Shin Tae-yong menolak tawaran tersebut dan menegaskan tetap ingin menukangi tiga kelompok umur Timnas Indonesia. 


 

PSSI pun menyetujui permintaan Shin Tae-yong dan menegaskan mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu akan tetap memimpin Timnas Indonesia hingga kontraknya berakhir di Desember 2023.

Baca Juga: Komentar Shin Tae-yong soal Timnas Indonesia Kebobolan 3 Kali Lawan Curacao



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.