Kompas TV regional berita daerah

Harga Bahan Baku Naik, Perajin Susu Kedelai Produksi Sesuai Pesanan

Kompas.tv - 28 September 2022, 17:30 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Perajin susu kedelai di Kabupaten Jember, Jawa Timur, kelimpungan menyiasati naiknya harga kedelai impor. Agar usahanya tetap berjalan, perajin terpaksa menaikan harga dan memproduksinya sesuai pesanan saja.

Salah satu usaha kecil menengah, yang terdampak kenaikan harga kedelai impor, adalah produksi susu kedelai. Seperti milik Nurhana, di Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember.

Dengan dibantu anaknya, nurhana selalu sibuk mengolah kedelai impor untuk dijadikan susu. Usaha rumahan ini, digeluti sejak 10 tahun lalu dan bisa mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga.

Namun Nurhana dan perajin susu kedelai lainnya, kini resah, karena harga bahan bakunya, yakni kedelai impor, meroket. Dari semula 6 ribu rupiah per kilo, tembus 13 ribu rupiah per kilogram.

Agar usahanya tetap berjalan, Nurhana terpaksa menyiasatinya dengan menaikkan harga. Susu kedelai ukuran 300 mili liter, dijual 6.500 rupiah dari harga sebelumnya 6 ribu. Nurhana tidak berani menaikkan harga terlalu tinggi, karena khawatir produknya tidak laku. Nurhana berharap pemerintah dapat menekan harga kedelai impor, agar nasib pelaku usaha kecil membaik.  

#beritajember

#susukedelai

#perajinsusukedelai

#kedelaimahal

#hargakedelai



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x