Kompas TV olahraga sepak bola

Jaap Stam Yakin Lisandro Martinez Bisa Terus Tampil Bagus di Manchester United

Kompas.tv - 28 September 2022, 17:16 WIB
jaap-stam-yakin-lisandro-martinez-bisa-terus-tampil-bagus-di-manchester-united
Bek tengah Manchester United, Lisandro Martinez. (Sumber: Instagram @lisandromartinezzz)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan bek Manchester United Jaap Stam yakin Lisandro Martinez tidak akan memiliki masalah dan bisa terus tampil bagus di Liga Premier Inggris. 

Martinez didatangkan Man United di musim panas lalu dengan biaya 46,8 juta pounds yang bisa meningkat hingga 55,3 juta pounds dari Ajax Amsterdam. 

Pemain asal Argentina itu dikontrak selama lima tahun di Old Trafford. Namun keputusan Manchester United itu mendapat kritikan dari sejumlah pundit yang menilai Martinez tidak akan bisa bersaing di Inggris karena tinggi badannya. 

Martinez menjadi bek tengah terpendek di Liga Inggris dengan tinggi 175 cm. Meski begitu, dia langsung jadi idola baru pendukung Manchester United karena penampilannya yang cukup mengesankan di awal musim. 

Stam pun menilai, tak ada masalah dengan tinggi badan yang dimiliki Martinez. Karena menurutnya, Erik ten Hag mendatangkan pemain berusia 24 tahun itu untuk membantu menerapkan gaya permainan yang diinginkan sang pelatih. 

"Itu mudah ditebak, di hari ketika dia menandatangani kontrak dengan United, saya sudah mengatakan mereka akan mengomentari tentang tinggi badannya,” kata Stam kepada Manchester Evening News.

“Di sini (Inggris), semua orang berpikir sebagai bek tengah Anda harus besar dan tinggi, jika tidak, Anda tidak akan berhasil."

Baca Juga: Pengeluaran Gaji Membengkak, Manchester United Merugi Rp1,9 Triliun

“Masalahnya, Anda perlu melihat gambaran besar tentang bagaimana manajer ingin bermain karena itu yang paling penting. Dia (Ten Hag) ingin bermain sepakbola yang mendominasi, artinya Anda perlu memiliki pemain di belakang yang nyaman menguasai bola."

"Tentu saja, terkadang dia akan terkejut, tetapi itulah yang juga terjadi dengan pemain besar – mereka juga melakukan kesalahan."

"Martinez menunjukkan kualitasnya saat menguasai bola, dia menunjukkan kualitasnya saat bertahan dan komunikasi di sekitarnya bagus. Dia hanya perlu terus berjalan maju," ujar Stam. 

Tenaga Martinez akan kembali dibutuhkan oleh Manchester United saat melakoni laga derbi melawan Manchester City, Minggu (2/10/2022). 

Kondisi Martinez sendiri juga fit dan tidak mengalami cedera setelah membela Timnas Argentina di mana di pertandingan terakhir melawan Jamaika tadi pagi, dia hanya bermain 12 menit sebagai pemain pengganti. 

Kondisi lini belakang Manchester United pun membuat Ten Hag lega karena Diogo Dalot, Raphael Varane dan Tyrell Malacia juga kembali ke Carrington tanpa cedera. 

Manchester United saat ini masih berada di posisi kelima klasemen Liga Premier Inggris dengan poin 12 dari 6 pertandingan. 

Mereka tertinggal 5 angka dari Manchester City yang berada di posisi kedua dengan koleksi 17 poin dari 7 kali berlaga.  

Baca Juga: Eriksen Puji Kualitas Gelandang yang Dimiliki Manchester United



Sumber : Manchester Evening News

BERITA LAINNYA


VOD

SPT PPh Badan | Zona Inspirasi

24 April 2024, 22:52 WIB

Close Ads x