Kompas TV regional berita daerah

Menengok Sisa Tradisi Wayamasapi di Danau Poso

Rabu, 28 September 2022 | 16:34 WIB

Penulis : KompasTV Palu

POSO, KOMPAS.TV – Wayamasapi, kearifan lokal warga Poso dalam menangkap ikan kini tersisa tiga unit. Hal itu terjadi karena kepentingan pengerukan dasar sungai yang dilakukan perusahaan Poso Energy di aliran danau Poso.

Sebelum tahun 2016 di aliran sungai Poso terpasang deretan bambu untuk menangkap ikan jenis sidat. Deretan itu berjajar sepanjang bantaran sungai, namun kini tersisa tiga unit.

Salah satu pemiliknya Fredy Kalengke, disaat puluhan perangkap sidat diganti dengan dana kompensasi, Fredy tetap mempertahankan Wayamasapinya. Menurutnya, perangkap sidat ini merupakan tradisi turun temurun.

Fredy kalengke sendiri merupakan generasi ke tiga dalam melestarikan Wayamasapi. Dampak pengerukan itu telah dirasakan dari hasil tangkapannya yang mulai berkurang.

Pihak Poso Energy sendiri mengaku telah mengantongi izin untuk melakukan pengerukan di aliran sungai Poso. Wayamasapi yang berada di wilayah pengerukan telah diberikan dana kompensasi.

Wayamasapi sendiri selain menjadi kearifan lokal warga di danau Poso, juga menjadi salah satu penopang ekonomi warga. Kini, tradisi itu hanya tersisa tiga unit dari sembilan puluh hingga seratusan Wayamasapi di aliran air danau Poso.

#Wayamasapi #DanauPoso #PosoEnergy 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Babinkamtibmas Dilatih Tangani Ular

Kamis, 1 Desember 2022 | 17:44 WIB
Berita Daerah

4 ODGJ Terpasung Dievakuasi

Kamis, 1 Desember 2022 | 17:38 WIB
Close Ads x