Kompas TV advertorial

Bikin Bangga! Produk Lokal Deorex Bersaing Melawan Personal Care Internasional

Kompas.tv - 3 Oktober 2022, 11:00 WIB
bikin-bangga-produk-lokal-deorex-bersaing-melawan-personal-care-internasional
Deorex adalah body odorizer yang dapat membunuh bakteri penyebab bau badan dan membantu mengatasi keringat berlebih (Sumber: Dok. Modiva International)

KOMPAS.TV – Salah satu permasalahan umum yang dihadapi banyak masyarakat negara tropis termasuk di Indonesia adalah bau badan. Ada banyak faktor penyebab tubuh beraroma kurang sedap yang sering mengurangi rasa percaya diri ini.

Umumnya, bau badan disebabkan bakteri yang tumbuh pada kulit dan tercampur dengan keringat. Selain bakteri, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bau badan, antara lain sebagai berikut.

Gangguan Kesehatan

Sejumlah penyakit tertentu, seperti diabetes, biasanya ditandai kemunculan keringat berlebih. Permasalahan metabolisme juga dapat menghilangkan kemampuan tubuh mengatasi pemecahan hormon. Akibatnya, hormon yang tidak terpecah dikeluarkan dalam bentuk aroma tubuh yang cukup mengganggu.

Infeksi pada kulit yang tidak segera diatasi juga dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau badan berkembang biak. Karena itu, berbagai gangguan kesehatan dapat menyebabkan bau badan bagi pengidapnya.

Makanan atau Obat-obatan yang Dikonsumsi

Bau badan juga bisa disebabkan asupan yang dikonsumsi sehari-hari. Bawang merah, bawang putih, serta olahan yang mengandung banyak rempah-rempah seperti kari dapat menjadi penyebab bau badan. Kandungan zat alisin di dalamnya disinyalir mempengaruhi aroma keringat yang diproduksi tubuh.

Tidak hanya makanan, beberapa obat-obatan memiliki efek samping bila dikonsumsi, yakni membuat tubuh menghasilkan keringat berlebih. Obat antipsikotik, antidepresan, aspirin, dan acetaminophen dalam dosis berlebihan dapat membuat peminumnya berisiko menghasilkan keringat berlebih.

Obesitas atau Berat badan Berlebih

Seseorang dengan berat badan berlebih atau obesitas umumnya memiliki banyak pori-pori tersembunyi dalam lipatan tubuhnya. Terlebih lagi, sejumlah lipatan, misalnya ketiak, biasanya sering dalam keadaan tertutup pakaian dan mudah berkeringat.

Bila tidak dibersihkan dengan benar, bakteri penyebab bau badan bisa berkembang pesat di sana. Akibatnya, bau tidak sedap akan lebih mudah muncul.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x