Kompas TV regional peristiwa

Jalan Penghubung Banjarmasin dan Batulicin Ambles, Polisi Berjaga di Lokasi

Kompas.tv - 28 September 2022, 17:25 WIB
jalan-penghubung-banjarmasin-dan-batulicin-ambles-polisi-berjaga-di-lokasi
Pihak Kepolisian Resor (Polres) Tanahbumbu menyiagakan personel di area amblesnya jalan yang menghubungkan Banjarmasin dan Batulicin, Kalimantan Selatan. (Sumber: Satlantas Polres Tanahbumbu via tribunnews.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

BANJARMASIN, KOMPAS.TV – Pihak Kepolisian Resor (Polres) Tanahbumbu menyiagakan personel di area amblesnya jalan yang menghubungkan antara Banjarmasin dengan Batulicin, Kalimantan Selatan.

Ruas jalan di KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui, Kabupaten Tanahbumbu, Kalimantan Selatan tersebut ambles pada Rabu (28/9/2022).

Kapolres Tanahbumbu AKBP Trihambodo menjelaskan, pihaknya mengerahkan personel untuk berjaga di tempat itu selama 1x24 jam.

“Personel saya perintahkan berjaga 1x24 jam untuk mengamankan lokasi, agar tidak ada warga yang melintas karena sangat berbahaya,” tuturnya saat dihubungi Kompas TV melalui telepon seluler, Rabu siang.

Baca Juga: Akibat Tergerus Air Hujan, Jembatan Penghubung 3 Kecamatan Ambles Sebagian

Personel yang ada juga dikerahkan untuk mengatur arus lalu lintas, dan mengarahkan pengguna jalan untuk melewati jalur alternatif, agar lalu lintas tetap lancar.

“Masyarakat diimbau untuk mematuhi arahan petugas di lapangan dan tetap berhati-hati saat melintasi jalur alternatif,” ujarnya berpesan.

Ia juga menjelaskan, tidak ada korban jiwa maupun kendaraan yang terdampak dari peristiwa tersebut.

“Nggak ada korban jiwa, kerugian materiil kalau yang berhubungan dengan kendaraan yang melintas juga tidak ada,” tegasnya.

Panjang ruas jalan yang mengalami longsor atau ambles tersebut, menurut Kapolres, diperkirakan sekitar 5 meter.

Mengutip pemberitaan banjarmasin.tribunnews.com, ruas jalan tersebut sudah beberapa bulan mengalami penurunan badan jalan.

Kasatlantas Polres Tanahbumbu AKP Guntur mengatakan, ada dua jalur alternatif yang bisa dilalui.

"Sementara ini, jalan tidak bisa dilintasi dulu karena membahayakan. Ada jalur alternatif sementara yang bisa dilalui," kata dia, dikutip dari banjarmasin.tribunnews.com.

Baca Juga: 31 Rumah & Jembatan 75 Meter di Pantai Amurang Ambles! Warga Tunggu Pemerintah Berikan Solusi

Untuk mobil roda 6 atau lebih dari arah Banjarmasin, katanya, masuk ke Simpang Empat Sompul melalui Jalan Houling HB Putra keluar simpang 3 atau underpass Abidin.

Sedangkan untuk mobil roda 4 dari arah Banjarmasin, lanjutnya, masuk Gang Munawar di Desa Sinar Bulan melalui Jalan Houling HB Putra keluar simpang 3 Desa Jombang (jalan provinsi).

"Ini jalur alternatif sementara yang bisa dilalui dari arah Banjarmasin ke Batulicin," katanya.


 



Sumber : Kompas TV/TribunNews

BERITA LAINNYA



Close Ads x