Kompas TV nasional sosial

Benarkah Perubahan Warna pada Pertalite Pengaruhi Kualitasnya?

Kompas.tv - 28 September 2022, 14:51 WIB
benarkah-perubahan-warna-pada-pertalite-pengaruhi-kualitasnya
Viral unggahan pengguna Facebok berisi narasi perbedaan warna Pertalite lama dan baru. (Sumber: Facebook)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perubahan warna pada bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite yang dijual Pertamina disoroti masyarakat. Ramai di media sosial masyarakat mengaitkan perubahan warna tersebut sebagai alasan borosnya Pertalite.

Ahli mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) Iman Kartolaksono Reksowardojo berpendapat perubahan warna pada Pertalite yang ditemui masyarakat dan dianggap sebagai biang keladi borosnya bahan bakar hanya penilaian subjektif belaka.

Pasalnya Iman mengatakan perubahan warna pada Pertalite seperti yang ramai beredar di media sosial tak memengaruhi dari segi kualitas.

Baca Juga: Viral! Netizen Unggah Foto Perbandingan Warna Pertalite Lama dan Baru, Begini Penjelasan Pertamina

"Pewarna itu tidak ada pengaruhnya (terhadap kualitas BBM). Jika saat ini banyak masyarakat menilai bahwa Pertalite lebih boros, maka penilaian tersebut juga bersifat subjektif," tulisnya dikutip dari Antara, Rabu (28/9/2022).

Iman mengatakan perubahan warna sama sekali tak bisa dijadikan ukuran karena harus ada pembuktiannya.


 

"Tidak bisa menilai kualitas BBM hanya dari kebiasaan sehari-hari, karena penilaian tersebut tidak terkontrol," kata Iman.

Jika hendak dilakukan pengujian maka prosesnya harus adil. Subjek yang diuji adalah Pertalite lama (sebelum BBM subsidi naik) dan Pertalite saat ini. Begitu juga dengan kondisi, rute, jam pengujian, termasuk jenis kendaraan yang dilakukan untuk menguji, juga harus sama.

Iman mengatakan jika ada satu hal yang berbeda tentu akan berpengaruh terhadap pengujian.

Baca Juga: Kenapa Pertamax Disebut Lebih Irit Ketimbang Pertalite?

"Makanya, pengujian harus apple to apple. Intinya, harus ada pengujian. Jangan hanya subjektivitas," kata Iman.

Diberitakan sebelumnya Pertamina menegaskan jaminan pada spesifikasi atau kualitas pada produk BBM RON 90 yang dijual di SPBU sesuai dengan standar dan mutu yang tertuang dalam Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 yang dipasarkan di dalam negeri.

Selain itu, Pertamina juga selalu memastikan quality control berjalan untuk setiap produk dan menyalurkan produk-produk BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.