Kompas TV regional berita daerah

Raup Puluhan Juta Rupiah Dari Mainan Truk Oleng

Kompas.tv - 28 September 2022, 14:12 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV –  Sejumlah warga di Kota Metro Lampung sudah belasan tahun memproduksi mainan mobil mobilan yang dinamai truk oleng.

Dari miniatur yang dibuat semirip mungkin dengan mobil truk ini, warga bisa meraup omzet puluhan juta rupiah dari hasil penjualanya yang sudah dipasarkan hingga luar kota dan pulau jawa.

Truk oleng terbuat dari kayu pulay yang memiliki karakter putih, ringan dan lunak, sehingga dapat mempermudah proses pembuatan mulai dari pemotongan, perakitan hingga pengecatan dan penempelan sticker.

Nur abidin salah satu warg pembuat mainin mobil tuk oleng mengaku dalam sekali pengiriman dapat menjual 300 unit truk oleng, dan dijual berkisar 150 hingga 300 ribu rupiah perunit.

“setiap pengiriman bisa satu mobil pick up mungkin sekitar 300 buah, kalau local bisa dijual 120 ribu rupiah kalau keluar bisa lebih laah”ujarnya

Dari mainan mobil tuk oleng ini, perajin mampu meraup omzet rata rata 30 juta rupiah perbulanya.

Warga berharap semua jenis permainan tradisional bisa terus diperkenalkan kepada setiap anak agar keberadaanya tidak hilang termakan perkembangan teknologi yang kian canggih.

#mobilmainan #trukoleng #mainantradisional 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x