Kompas TV nasional viral

Duh, Petugas Ketahuan Pungli Saat Cek Fisik Kendaraan Soleh Solihun untuk Perpanjang STNK

Kompas.tv - 28 September 2022, 14:11 WIB
duh-petugas-ketahuan-pungli-saat-cek-fisik-kendaraan-soleh-solihun-untuk-perpanjang-stnk
Korlantas Polri akan segera memberlakukan aturan penghapusan data kendaraan bermotor bagi yang telat pajak. STNK mati pajak 2 tahun maka kendaraan otomatis akan menjadi bodong. (Sumber: Antaranews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengalaman kritikus musik sekaligus komedian Soleh Solihun ketika melakukan perpanjangan STNK menarik perhatian netizen, Selasa (27/9/2022) kemarin.

Berkisah secara kronologis bagaimana proses memperpanjang masa lima tahunan surat nomor kendaraannya, satu cuitan Soleh membuat netizen curiga. Sutradara film tersebut diketahui membayar Rp30 ribu untuk melakukan cek fisik kendaraannya.

Baca Juga: Syarat Bikin SIM dan STNK Harus Terdaftar BPJS Kesehatan Kapan Mulai Berlaku? Cek Infonya!

"perpanjang stnk 5 tahunan. jam 8 pagi sampe samsat di polda metro, langsung cek fisik. bayar 30 ribu. setelah cek fisik, motor diparkir, saya tunggu di ruang ini. jam 8.13, berkas diterima. lanjut lantai 4," tulis Soleh sebagaimana dikutip Kompas TV, Rabu (28/9/2022).

Netizen membalas cuitan Soleh bahwa seharusnya ketika memperpanjang STNK, cek fisik yang dilakukan petugas tidak dipungut biaya alias gratis. Cuitan tersebut semakin ramai setelah rekan Soleh juga mengalami kejadian serupa.

"Gue belum lama juga cek fisik di sini, sama bayar 30rb juga," tulis pelawak Gilang Bhaskara membalas cuitan Soleh.

Baca Juga: Lokasi Layanan SIM Keliling dan STNK Keliling di Jakarta dan Sekitarnya Hari Ini

Untuk diketahui dalam Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2022 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Polri tak ada poin cek fisik di sana.

Berarti uang sebesar Rp30 ribu yang dibayarkan oleh Soleh kepada petugas Samsat Jakarta Selatan diduga pungutan liar atau pungli.

Sebagaimana diutarakan Kepala Unit Samsat Jakarta Selatan AKP Mulyono bahwa uang yang diberikan Soleh merupakan pungli.

"Perkara 30 ribu cek fisik, ternyata ulah oknum. Barusan AKP Mulyono Kanit Samsat Jakarta Selatan menghadap saya dan meminta maaf atas ulah oknum (di sebelah saya) dan mengatakan si oknum akan diberi hukuman. Pak Mulyono sekali lagi memastikan cek fisik gratis!," tutur Soleh.

Baca Juga: Kasus Sunat BLT Diduga Terjadi di Tempat Lain, Pemkab Blora Bentuk Satgas Pungli dan Buka Pengaduan

Soleh mengimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih hati-hati saat mengurus perpanjangan pajak kendaraan.

"Semoga itikad baik pak Mulyono buat membersihkan pungli dari samsat bisa terus terlaksana. saya tadi kasih saran: pasang pengumuman di tempat cek fisik yang bertuliskan: "CEK FISIK, GRATIS," lanjut Soleh pada cuitannya.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x