Kompas TV TALKSHOW b-talk

Bunga Tinggi, Siap-Siap Cicilan Bengkak - BTALK

Rabu, 28 September 2022 | 10:51 WIB

Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Bank Indonesia (BI) telah kembali menaikkan suku bunga acuan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI September 2022. Sehingga, suku bunga acuan dikerek sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,25%. Menurut Gubernur BI Perry Warjiyo, keputusan kenaikan suku bunga tersebut sebagai langkah untuk menurunkan ekspektasi inflasi dan memastikan inflasi inti kembali ke sasaran 3 persen plus minus 1 persen pada semeter II-2023.

Beberapa pengamat ekonomi juga menganggap kenaikan suku bunga ini merupakan respon untuk mengantisipasi lonjakan inflasi. Namun kenaikan suku bunga acuan BI ini akan terasa dampaknya di masyarakat. Salah satunya adalah makin mahalnya cicilan untuk memiliki properti maupun kendaraan, karena dengan naiknya suku bunga maka cicilan dalam bentuk floating rate juga bisa bertambah menyesuaikan besaran bunga yang dikeluarkan.

Sudah tepatkah Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan saat ini? Bagaimana pemerintah menekan dampak atas kenaikan suku bunga BI? Simak wawancara jurnalis KompasTV Mysister Tarigan membahasnya bersama sejumlah narasumber. Saksikan program B-Talk dalam episode “Bunga Tinggi, Siap-Siap Cicilan Bengkak”, Selasa 27 September 2022 di KompasTV.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x