Kompas TV bisnis kebijakan

Pelaku Pariwisata Bakal dapat Insentif jika Gunakan Kendaraan Listrik

Kompas.tv - 28 September 2022, 05:45 WIB
pelaku-pariwisata-bakal-dapat-insentif-jika-gunakan-kendaraan-listrik
Menparekraf Sandiaga Uno mengendarai motor listrik saat konvoi di Kota Denpasar, Bali, Selasa (27/9/2022 (Sumber: Kompas.TV/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

DENPASAR, KOMPAS.TV - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno akan memberikan insentif untuk membantu pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bertransisi ke kendaraan listrik.

Hal itu sebagai wujud dukungan kemenparekraf dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik di sektor pariwisata khususnya di Provinsi Bali.

Sebagaimana diketahui, Bali telah ditetapkan sebagai proyek percontohan atau pilot project program penerapan kendaraan listrik berbasis baterai.

Pasalnya, Nusa Dua menjadi lokasi penyelenggaraan G20. Tentu kebijakan ini akan terus dikembangkan ke berbagai daerah lain di Bali, khususnya di destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif.

"Kami sedang bahas sebuah program funding yang akan kami sandingkan dengan industri leaders seperti Jejak.in, Gojek, dan lainnya untuk membantu masyarakat bertransisi dan diberi insentif untuk menggantikan kendaraan yang tadinya berbasis BBM menjadi listrik. Mudah-mudahan ini jadi bagian dari kerja sama kita mewujudkan net zero emission," ungkap Sandiaga usai mengikuti konvoi motor listrik di Kota Denpasar, Bali, Selasa (27/9/2022), dikutip dari Antara.

Baca Juga: Sri Mulyani: Daerah-daerah yang Bisa Turunkan Angka Inflasinya Bakal Dapat Dana Insentif

Konvoi motor listrik yang didukung Gojek dan Jejak.in itu menjadi simbol dan wujud komitmen bersama untuk melakukan transisi energi dalam rangka mengurangi emisi karbon sesuai dengan tema Presidensi G20 Indonesia.

Sandi menyebutkan juga, Indonesia telah menandatangani Deklarasi Glasgow pada 7 Juli 2022 lalu. Hal itu menandai Indonesia merupakan negara kawasan ASEAN pertama yang berkomitmen untuk net zero emission di sektor pariwisata.

"Kami berharap komitmen ini dapat membawa Indonesia menuju net zero emission dan mengembangkan masa depan pariwisata Indonesia lebih berkelanjutan," terangnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x