Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Fakta Terbaru Kebocoran Gas Jalur Nord Stream 1, Total Suplai Gas Rusia ke Eropa Terhenti

Rabu, 28 September 2022 | 04:40 WIB
fakta-terbaru-kebocoran-gas-jalur-nord-stream-1-total-suplai-gas-rusia-ke-eropa-terhenti
Jalur pipa gas Rusia ke Eropa, Nord Stream 1 dan 2, yang dideteksi ada kebocoran gas serius. (Sumber: BBC)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Kebocoran gas yang tidak dapat dijelaskan dan terdeteksi di pipa Nord Stream 1 dan 2 dari Rusia ke Jerman mendorong penyelidikan oleh negara-negara Eropa mengenai penyebabnya, termasuk kemungkinan sabotase, seperti laporan Straits Times, Selasa (27/9/2022).

Angkatan bersenjata Denmark pada Selasa merilis video yang menunjukkan gelembung mengalir ke permukaan Laut Baltik di atas pipa, dan mengatakan kebocoran gas terbesar itu menyebabkan gangguan permukaan laut dengan diameter lebih dari 1 km.

Berikut adalah rincian dari apa yang diketahui sejauh ini:

Baca Juga: Tanggapi Aksi Sepihak Putin, Jerman Tangguhkan Izin Pipa Nord Stream 2 Salurkan Gas dari Rusia

Riak raksasa akibat kebocoran pipa gas Nord Stream Rusia di Laut Baltik, lepas pantai Pulau Bornholm, Denmark, Selasa (27/9/2022). (Sumber: Angkatan Bersenjata Denmark via AP)

Apa yang terjadi?

Operator pipa gas Nord Stream 2 melaporkan penurunan tekanan yang tiba-tiba pada Senin (26/9) malam. Juru bicara operator pipa gas Nord Stream 2 menyebut kemungkinan adanya kebocoran.

Ini diikuti oleh pernyataan Otoritas Energi Denmark bahwa kebocoran kemungkinan terjadi di salah satu dari dua pipa Nord Stream 2 yang terletak di perairan Denmark.

Beberapa jam kemudian, Nord Stream AG, operator pipa gas bawah laut lain dari Rusia ke Jerman, mengatakan sedang mencari penurunan tekanan di Nord Stream 1.

Otoritas Maritim Swedia pada Selasa (27/9) mengatakan mereka memperingatkan dua kebocoran di Nord Stream 1, yaitu di perairan Swedia dan Denmark.

Setiap jalur pipa Nord Stream terdiri dari sekitar 100.000 pipa baja berlapis beton seberat 24 ton yang diletakkan di dasar laut. Pipa memiliki diameter internal konstan 1,153m, menurut Nord Stream.

Jalur pipa itu terletak pada kedalaman sekitar 80-110m.

Baca Juga: IMF Sebut Negara-negara Ini Akan Masuk Resesi yang Dalam, Penyebabnya Embargo Gas Rusia

Ilustrasi. Jalur pipa gas Rusia Nordstream 2 yang membentang dari Rusia ke Jerman, melewati banyak negara Eropa (Sumber: PJSC Gazprom)

Di mana kebocorannya?

Dua kebocoran terdeteksi pada pipa Nord Stream 1, yang menghentikan pengiriman gas ke Eropa bulan lalu. Kedua kebocoran itu terjadi di daerah timur laut pulau Bornholm, Denmark.

Pihak berwenang Denmark meminta kapal-kapal untuk menjauhi radius lima mil laut dari Bornholm setelah kebocoran di Nord Stream 2, yang belum memasuki operasi komersial.


Sumber : Kompas TV/Straits Times

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Korban Serangan Buaya Ditemukan

Senin, 5 Desember 2022 | 23:50 WIB
Close Ads x